Selasa 19 Sep 2023 08:44 WIB

Ini Beberapa Situs Kuno di Jericho dan Palestina

Situs kuno menjadi kekayaan dunia sehingga harus dilestarikan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Pengunjung menjelajahi situs mosaik abad ke-7 seluas 827 meter persegi (8900 kaki persegi) yang dibuka untuk umum, di situs arkeologi Islam Istana Hisham, utara kota Jericho, Tepi Barat, Kamis, 28 Oktober 2021
Foto:

"Israel akan bertindak bersama banyak rekannya di organisasi tersebut untuk mengubah keputusan salah yang dibuat," demikian pernyataan itu.

Israel keluar dari organisasi PBB tersebut pada tahun 2019 atas tuduhan bahwa organisasi tersebut memupuk bias anti-Israel, namun Israel mengirimkan delegasi ke pertemuan tahun ini di Arab Saudi. 

Warisan sejarah telah lama menjadi salah satu titik konflik dalam konflik Israel-Palestina, dimana kedua belah pihak menggunakan arkeologi dan konservasi untuk menunjukkan apa yang mereka katakan sebagai hubungan unik mereka dengan Tanah Suci.

Otoritas Palestina, yang diakui satu dekade lalu oleh PBB sebagai negara pengamat non-anggota, menyambut baik penunjukan Tell es-Sultan. Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa situs tersebut bersaksi mengenai keaslian dan sejarah rakyat Palestina. 

"Negara Palestina berkomitmen untuk melestarikan situs unik ini demi kepentingan umat manusia," kata Abbas.

Ada banyak situs dan benda-benda bersejarah yang tersebar di sejumlah kota di Palestina. Di Yerusalem misalnya, salah satu kota tertua di dunia itu, disebut memiliki 220 situs bersejarah. 

Berikut ini 4 situs warisan bersejarah yang terkenal di Palestina.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement