Kamis 14 Sep 2023 15:25 WIB

IAIN Ambon dan IPB Dorong Penguatan Riset Kemaritiman

IAIN Ambon dan IPB kerja sama bidang kemaritiman.

Ilustrasi laut di Indonesia.
Foto: Istimewa
Ilustrasi laut di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dan Institut Pertanian Bogor (IPB) University menjalin kerja sama tentang tri dharma perguruan tinggi dalam bidang kemaritiman

“Kerja sama dengan IPB sekaligus menambah  kerja sama IAIN Ambon dengan sejumlah perguruan tinggi ternama di dalam negeri dan luar negeri,” kata Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin, di Ambon, Kamis (14/9/2023). 

Baca Juga

Salah satu bagian penting dari kerja sama dengan IPB University, karena Rektornya merupakan pakar di bidang kelautan dan perikanan. 

Apalagi  pengembangan IAIN Ambon menuju Universitas Islam Negeri (UIN) Abdul Muthalib Sangaji, dengan berlatar sumber daya alam yang ada di Maluku maka diarahkan berbasis kemaritiman. 

 

"Alhamdulillah, kita sudah mengusulkan program studi yang mengarah pada pengembangan kemaritiman, yang Insya Allah, akan bersamaan dengan jadinya UIN. Sehingga, rencana ke depan sudah terprogram dengan visi dan misi kemaritiman," ujarnya. 

Sehingga dari kerja sama ini, kiranya IPB University dapat menurunkan para ahlinya ke IAIN Ambon untuk sama-sama memprogramkan visi kemaritiman yang sudah disiapkan tersebut, karena hal tersebut yang menjadi sasaran ke depan. 

Zainal mengaku, IAIN Ambon memiliki tenaga dosen dan pegawai IAIN Ambon yang merupakan alumni IPB University, yang  akan memperkuat kerja sama tersebut.

Ia juga menyinggung soal ketertinggalan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah timur yang memacu pihaknya untuk terus meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, termasuk IPB University . 

"Jadi, Rektor IPB University yang ahli di kelautan dan perikanan, dapat berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan civitas IAIN Ambon lewat kerja sama ini dengan  mengutus para ahli di IPB untuk berbagi pengetahuan dengan kami nanti," harap Rektor. 

Sementara Rektor IPB University  Arif Satria menyambut gembira kerja sama dengan IAIN Ambon. Bahkan, kata Arif, kerja sama dengan PTKIN sudah dilakukan, sehingga kehadiran IAIN Ambon menjadi bagian dari kelanjutan kerja sama tersebut, serupa dengan PTKIN lainnya. 

"Pertemuan untuk kerja sama ini, merupakan bagian dari upaya saling mendukung dalam mengimplementasikan nilai-nilai tri dharma dan penguatan SDM di masing-masing perguruan tinggi,” kata Arif.

Kerja sama di bidang riset, merupakan salah satunya yang dapat dilakukan dengan cepat. Misalnya, riset kolaboratif. 

Arif melanjutkan, Maluku merupakan salah satu wilayah yang selama ini menjadi lokus penelitian para dosen dari IPB University, termasuk dirinya.

Ia berharap, kerja sama ini dapat segera ditindaklanjuti dalam bentuk praktik, sehingga Maluku yang kaya akan sumber daya alamnya, baik darat maupun laut, dapat dikelola secara profesional oleh masyarakatnya.  

Arif juga menanyakan perihal transformasi IAIN Ambon menjadi Universitas, dan dirinya siap memberikan dukungan penuh untuk alih status sebagaimana dijelaskan Rektor IAIN Ambon.

Sebab, lewat universitas, IAIN Ambon lebih leluasa untuk mengembangkan potensi SDA yang ada, termasuk membuka fakultas dan program studi yang lebih dibutuhkan masyarakat dan SDA di daerah ini. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement