Rabu 13 Sep 2023 15:09 WIB

Berkat Program ZChicken Baznas, Lukluk Raih Pendapatan Rp 17 Juta per Bulan

Baznas memberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif yang menunjang kemajuan.

Bantuan program ZChicken Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil meningkatkan perekonomian Lukluk
Foto: Baznas
Bantuan program ZChicken Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil meningkatkan perekonomian Lukluk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bantuan program ZChicken Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil meningkatkan perekonomian Lukluk'il Maknun (37 tahun), ibu dua anak asal Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. 

Dulunya dia adalah ibu rumah tangga yang bersuamikan seorang buruh bangunan, dengan pendapatan Rp 2,5 juta per bulan. Kini berkat bantuan Baznas, Lukluk berhasil mendapatkan penghasilan Rp 17 juta per bulan dari berjualan ayam krispi tersebut. 

Baca Juga

"Dengan kondisi yang serba pas-pasan itu, saya mendapat berita gembira dengan adanya bantuan dari Baznas berupa gerobak dan peralatan komplet serta bahan baku. Tak hanya bantuan, Baznas juga memberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif yang menunjang kemajuan usaha. Kesempatan itu tidak saya sia-siakan," katanya, di Kendal, Jawa Tengah, Rabu (13/9/2023).

Dalam sehari, Lukluk mampu menjual ayam krispi dan ayam geprek sebanyak 80-100 potong ayam. Selain itu, dia juga sering mendapatkan pesanan katering dari tetangga dan saudara. Hal itulah yang membuat pendapatan bulanannya bisa mencapai belasan juta rupiah. 

Dari pendapatan tersebut, dia sekarang bisa membeli berbagai keperluan rumah tangga, mencukupi kebutuhan anak, serta memperbaiki rumahnya yang sebelumnya sudah rusak. Tak hanya itu, Lukluk juga tidak lupa menyisihkan sedikit rezekinya untuk berinfak kepada Baznas setempat. 

"Saya sangat bersyukur dapat menerima bantuan ini dan tak lupa selalu berterima kasih kepada Baznas karena telah memberikan bantuan berupa program ZChicken kepada saya," ujar Lukluk.

Pencapaian Lukluk mendapat apresiasi dari Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan. Menurut Saidah, Lukluk merupakan satu dari sekian banyak contoh mustahik yang berhasil konsisten dan disiplin dalam menjalankan usaha. 

Saidah menambahkan, jika hal ini diterapkan dengan baik oleh seluruh mustahik, bukan tak mungkin akan semakin banyak para penerima bantuan Baznas yang bisa keluar dari garis kemiskinan. 

"Terima kasih kepada para muzaki Baznas yang telah menyisihkan bantuannya untuk membantu sesama. Semoga niat baik kita diridhai oleh Allah SWT," ujar Saidah.

Program ZChicken telah diinisiasi sejak akhir tahun 2019 dan sudah berhasil membantu hingga 1.445 mustahik dan 147 mustahik kemitraan hingga bulan Agustus 2023 ini. Program ini sudah tersebar di enam provinsi dan 45 kota/kabupaten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement