Senin 28 Aug 2023 12:36 WIB

Kunjungi Pesan_Trend, MES Silaturahmi dengan Ustaz Hanan Attaki

Waketum MES mengaku terkagum dengan konsep Pesan_Trend

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melakukan kunjungan ke Pesan_Trend, pesantren dan Islamic Center yang mengusung prinsip sustainability, yang dikelola oleh Ustaz Hanan Attaki. Silaturahmi ini berlangsung Sabtu (26/08/2023) sore.
Foto: MES
Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melakukan kunjungan ke Pesan_Trend, pesantren dan Islamic Center yang mengusung prinsip sustainability, yang dikelola oleh Ustaz Hanan Attaki. Silaturahmi ini berlangsung Sabtu (26/08/2023) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melakukan kunjungan ke Pesan_Trend, pesantren dan ‘Islamic Center’ yang mengusung prinsip sustainability, yang dikelola oleh Ustaz Hanan Attaki. Silaturahmi ini berlangsung Sabtu (26/08/2023) sore.

Dalam kunjungan tersebut, hadir Waketum MES Muhammad Lutfi, Sekjen MES Iggy Achsien, Bendahara Umum MES Hery Gunardi, serta Ketua Pemuda MES Arief Rosyid Hasan. 

Ustaz Hanan merupakan dai muda yang dikenal dekat dengan komunitas anak muda Bandung. Hari itu, ia menyambut hangat kunjungan MES.

Rombongan pengurus MES diajak menikmati “Coffee Lemon” dari kedai kopi yang terletak di dekat pintu masuk Pesan_Trend. Setelahnya, dengan nuansa hutan di dataran tinggi di Pasirwangi, Cilengkrang, Kota Bandung, ia dan rombongan melaksanakan diskusi. 

Waketum MES, M. Lutfi, mengaku terkagum dengan konsep Pesan_Trend. “Kita membutuhkan anak-anak muda yang dapat menjadi pemikir, pemimpin, serta melanjutkan pembangunan umat Islam dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Dengan berkolaborasi, kita dapat mewujudkan cita-cita kita,” kata dia dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id Senin (28/8/2023).

Kesempatan ini juga digunakan Ustaz Hanan untuk menjelaskan konsep Pesan_Trend. Ini disebut sebagai sarana untuk menimba ilmu, pusat edukasi Islam, sekaligus memanfaatkan karunia alam.

Pesan_Trend menghadirkan konsep permakultur, dengan sarana pengolahan sampah organik menjadi pupuk dan ternak hewan. Kawasan yang dibangun pada medio 2020 ini memiliki peternakan ayam, ikan dan domba, yang dijalankan oleh anak-anak muda dan santri Pemuda Hijrah. 

“Oleh guru saya, sepulang dari sekolah di Al-Azhar, saya diminta untuk melanjutkan dakwah. Sasaran dakwah saya ada dua kalangan. Pertama anak muda yang melek trend dan ‘gaul’ dan kedua, sahabat-sahabat kita yang menyukai skateboard hingga geng motor di Bandung,” ucap Ustaz Hanan Attaki.

Bendahara Umum MES, yang juga Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI), ikut memberi apresiasi untuk Pesan_Trend. “BSI memiliki kesamaan dengan Pesan_Trend, yakni sama-sama merangkul pemuda. Kita sama-sama bergerak untuk mewujudkan kemaslahatan umat,” kata Hery.

Pertemuan pucuk pimpinan MES ini diusulkan oleh Ketua Pemuda MES Arief Rosyid Hasan. Arief menyebut pendekatan yang dilakukan Pesan_Trend melengkapi upaya engagement pihaknya selama ini dengan pemuda Islam.

"Saya sangat antusias untuk menyambut kolaborasi-kolaborasi ke depan dengan Ustad Hanan Attaki dan tim,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement