Senin 28 Aug 2023 04:45 WIB

Polres Kupang Hijaukan Pantai Sulamanda dengan 1.000 Mangrove

Pantai Sulamanda jadi destinasi wisata menarik di NTT.

Ilustrasi warga menanam mangrove.
Foto: Dok. Web
Ilustrasi warga menanam mangrove.

REPUBLIKA.CO.ID,  KUPANG -- Kepolisian Resort Kupang Nusa Tenggara Timur melakukan penanaman 1.000 anakan pohon mangrove di pantai wisata Sulamanda Desa Mata Air Kabupaten Kupang sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem alam hayati di kawasan itu.

Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata mengatakan penanaman anakan pohon mangrove sebagai salah satu dukungan Kepolisian untuk menghijaukan lingkungan alam di lokasi wisata Sulamanda.

Baca Juga

"Tanaman mangrove merupakan rumah atau tempat yang aman bagi ikan dan kepiting untuk bertelur, sehingga hasil ikan menjadi berlimpah yang merupakan makanan dari penyu, selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya abrasi," kata Kapolres.

Penanaman 1.000 mangrove yang dilakukan sekitar 200 anggota Kepolisian itu mengitari Pantai Sulamanda hingga Kelapa Tinggi sepanjang 500 meter.

 

Kegiatan itu juga diikuti para ibu-ibu Bhayangkari serta masyarakat dan Kepala Desa Mata Air ELy Luluporo serta mahasiswa Kedokteran Hewan dari Universitas Nusa Cendana Kupang.

Selain melakukan penanaman mangrove , dilakukan juga melepasliarkan 100 ekor anak penyu ke laut yang diikuti para aktifis lingkungan, kelompok Cemara Kelapa Tinggi serta warga Desa Sulamanda yang sangat peduli dalam menjaga kelestarian alam di kawasan pantai Sulamanda.

Sementara itu Kepala Desa Sulamanda ELy Luluporo menyampaikan terima kasih terhadap Kepolisian yang telah melakukan penanaman 1.000 mangrove di Pantai Sulamanda agar kawasan pantai itu menjadi lebih lestari dan hijau.

"Terima kasih atas kepedulian Polri khususnya Polres Kupang yang telah melaksanakan penghijauan di Pantai Sulamanda hari ini, semoga anakan mangrove yang ditanam hari ini membuat Pantai Sulamanda menjadi lebih lestari " puji Kades Ely.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement