Sabtu 26 Aug 2023 10:39 WIB

Aston Villa Tandatangani Piagam Atlet Muslim

Salah satu poin dalam piagam adalah tidak mengonsumsi alkohol selama perayaan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Pemain Aston Villa Jacob Ramsey berselebrasi setelah mencetak gol pertama timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara  Aston Villa melawan Tottenham di Villa Park, Birmingham, Inggris, Sabtu (13/5/2023).
Foto: Jacob King/PA via AP
Pemain Aston Villa Jacob Ramsey berselebrasi setelah mencetak gol pertama timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Aston Villa melawan Tottenham di Villa Park, Birmingham, Inggris, Sabtu (13/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Aston Villa menjadi klub Liga Utama Inggris terbaru yang menandatangani Piagam Atlet Muslim. Aston Villa mendukung keberagaman dan menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan di bidang olahraga.

Dilansir di About Islam, Piagam Atlet Muslim diluncurkan oleh Nujum Sports pada Juni 2021, untuk menantang organisasi-organisasi agar membuat kemajuan dalam mendukung olahragawan dan wanita Muslim.

Baca Juga

"Kami percaya penandatanganan Piagam Atlet Muslim merupakan bagian integral dari pekerjaan kami dalam memberikan dukungan kepada para pemain dan pendukung Muslim kami. Dengan memahami kebutuhan agama dan budaya Muslim, kami dapat menjadi lebih inklusif, ramah dan membuat semua orang merasa benar-benar dihargai dan dihargai di Aston Villa," kata Pimpinan EDI Aston Villa dalam pernyataan di situs klub.

Menurut pernyataan tersebut, Aston Villa memutuskan mengadopsi piagam muslim menyusul meningkatnya jumlah pemain Muslim di profesi tersebut serta dukungan dari penggemar muslim. Menandatangani piagam tersebut, klub akan mendengarkan, belajar dan menerapkan praktik yang baik tidak hanya membantu para pemain berkembang, tetapi juga membuat pendukung merasa dihargai dan diterima.

Janji ini juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Aston Villa seputar Kesetaraan, Keberagaman, dan Inklusi (EDI).

“Merupakan suatu kehormatan Aston Villa bergabung dengan lebih dari 79 klub profesional dari lima cabang olahraga berbeda, yang semuanya telah berjanji mendukung pemain muslim, penggemar, dan staf mereka. “Kami akan bekerja sama dengan Klub pada musim mendatang untuk memberikan dampak positif dalam olahraga ini," kata Pendiri dan CEO Nujum Sports Ebadur Rahman.

Piagam tersebut mencakup 10 poin, seperti tidak mengonsumsi alkohol selama perayaan, menyediakan tempat yang tepat untuk ibadah, makanan halal, dan mengizinkan atlet Muslim berpuasa selama bulan Ramadhan.

Pendukung terbaru piagam tersebut adalah  Yorkshire Country Cricket Club  yang menandatanganinya pada Juni lalu. Lima klub Liga Premier dan 15 dari EFL telah berjanji mendukung piagam tersebut.

Para penggiat Kick it Out dan Asosiasi Suporter Sepak Bola juga memberikan dukungan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement