Kamis 24 Aug 2023 01:04 WIB

Gubernur Sumut Berharap Pesantren Semakin Banyak Lahirkan Penghafal Alquran

Penghapal Alquran menjadi inspirasi pemersatu bangsa.

Wakil Presiden Maruf Amin didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengunjungi Komplek Makam Mahligai, di Desa Aek Dakka untuk melakukan Ziarah Makam, tahlil dan doa, di Barus, Tapanuli Tengah, Rabu (15/02/2023). BPMI/Setwapres
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengunjungi Komplek Makam Mahligai, di Desa Aek Dakka untuk melakukan Ziarah Makam, tahlil dan doa, di Barus, Tapanuli Tengah, Rabu (15/02/2023). BPMI/Setwapres

REPUBLIKA.CO.ID, TEBING TINGGI -- Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan dengan semakin banyak Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfiz Quran dan Rumah Tahfiz Quran diharapkan semakin banyak pula dapat melahirkan penghafal atau Hafiz Al-Quran.

"Kalau banyak penghafal Al-Qur'an, pastinya akan memberikan keberkahan bagi kota ini dan juga Sumut tentunya,” ujar Edy Rahmayadi, saat meresmikan Rumah Tahfiz Quran Amaliyah di Panti Asuhan Amaliyah, di Tebing Tinggi, Rabu (24/8/2023).

Baca Juga

Menurutnya, keistimewaan para hafiz/hafizah sangat banyak. Sebab mereka mendapatkan kedudukan yang tinggi dalam pandangan Allah SWT, sebagaimana mereka pasti mencintai Kalamullah (perkataan Allah). Sedangkan Allah sangat mencintai mereka yang cinta pada kalam-Nya.

“Para penghafal Al-Qur'an itu, kata guru saya, kain kafannya pun tak rusak. Sehingga dengan pesan itu, banyak yang ikut membaca dan ingin menghafalkan Alquran. Bahkan ada yang usia tujuh tahun sudah hafal 30 juz," kata Edy Rahmayadi.

 

Sebelumnya, Edy Rahmayadi juga meresmikan Ponpes Tahfiz Quran Asbabul Rahmah, Jalan Gunung Sibayak Rambutan Kota Tebingtinggi. Serta meninjau lahan yang berada di belakang pondok pesantren.

“Segera kita upayakan agar lahan itu segera dibangun, agar pesantren ini lebih luas dan nyaman untuk para santri,” sebut Edy Rahmayadi,

Pada kesempatan itu, mantan Pangdam I Bukit Barisan ini juga memberikan bantuan sembako sebanyak 450 paket dan 300 kain sarung pada masyarakat di kedua rumah tahfiz tersebut.

Dalam Kunjungan Kerja itu, Gubernur Edy Rahmayadi juga meninjau dan meletakkan batu pertama peresmian penataan Lapangan Merdeka Jalan DR Sutomo Kota Tebing Tinggi.

Ia pun meminta pembangunan yang menggunakan anggaran sekitar Rp4,6 miliar dari APBD Sumut ini, nantinya dapat dikerjakan dengan rapi dan sesuai prosedur.

“Terutama saya minta dikerjakan secara rapi, di antara penyiapan mushalla dan fasilitas olahraga dan joging serta lainnya. Terus kerjakan dengan baik dan mari kita doakan agar pembangunan ini dapat diselesaikan dengan cepat dan sesuai prosedur,” katanya.

Sementara itu, Pj Walikota Tebing tinggi Syarmadani mengapresiasi atas perhatian Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada yang terus mendukung pembangunan di Tebing Tinggi.

“Kita sangat mengapresiasi Pak Edy Rahmayadi sebagai Gubernur yang begitu perhatian pada Kota Tebing Tinggi. Kita harapkan dengan penataan Lapangan Merdeka ini akan lebih mempercantik Kota Tebing Tinggi dan memberikan kenyamanan pada masyarakat nantinya," ujar Syarmadani.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement