Selasa 22 Aug 2023 19:18 WIB

Kasus Kreator Konten Nyeleneh, Ngaku Islam Tapi Makan Babi demi Bisa Viral

Beberapa kreator konten membaca Bismillah sebelum makan daging babi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Perempuan menggunakan jilbab dan mengaku Islam dan bemama Dewi Bulan menghina Islam dengan memakan babi sambil baca Al Fatihah.
Foto: istimewa/viral medsos
Perempuan menggunakan jilbab dan mengaku Islam dan bemama Dewi Bulan menghina Islam dengan memakan babi sambil baca Al Fatihah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital, tak jarang kreator konten rela berbuat apa saja demi engagement tinggi. Salah satunya konten makan babi yang dilakukan segelintir kreator konten beragama Islam. 

Mereka sengaja membuat konten viral agar mendapat perhatian publik. Namun, tindakannya tersebut membuat publik naik pitam bahkan sampai aparat pemerintah harus turun tangan. Hal ini seperti yang dialami oleh Lina Mukherjee yang ditahan karena kasus dugaan penistaan agama. Simak, daftar kreator Muslim yang sengaja makan babi demi konten:

Baca Juga

1. Lina Mukherjee

Nama Lina Mukherjee mulai menghebohkan warganet beberapa bulan lalu. Videonya yang viral berdurasi lebih dari menit memperlihatkan dia mengaku umat Islam yang sengaja makan kulit babi dengan melafalkan doa. Video tersebut tersebar luas melalui akun TikTok dan Instagram @Linamukherjee_. 

Akibatnya, dia dilaporkan oleh penasihat hukum bernama Sapriadi pada 15 Maret 2023 ke SPKT Kepolisian Daerah Sumatra Selatan. Dia dilaporkan karena diduga telah menistakan agama.

2. Dewi Bulan

Setelah Lina, muncul selebgram lain yang mengaku bernama Dewi Bulan. Dalam video viralnya, wanita berjilbab itu membuat tutorial cara makan daging babi secara halal. Unggahan tersebut telah tersebar luas, terutama di Tiktok.

Wanita yang diduga berusia 40-an dan memakai kerudung bunga-bunga serta memakai kacamata hitam mengaku seorang Muslimah. "Kita mulai bagaimana praktik makan babi tetap halal dan ada etikanya. Baca Bismillahirohmanirohim terlebih dulu," kata dia dalam video yang viral. Hingga saat ini, identitasnya belum diketahui. 

3. Embak Eyyiq

Pada 2022, seorang Youtuber Embak Eyyiq sempat ramai di jagat maya. Dia membuat warganet geram lantaran dia seorang Muslimah berjilbab membuat konten makan babi.

Video tersebut masih ada sampai sekarang dan diberi judul "Test Kriuk Babi". Dalam konten itu terlihat dia menikmati menu makanan daging babi di Warung Putu Sari. Warganet sontak menghujat Youtuber itu di kolom komentar. 

Mendapat hujatan yang banyak, Youtuber itu mengklarifikasi bahwa dia hanya membuat judul yang click bait. Dia mengklaim sate yang dia pesan merupakan sate kambing dan menu daging babi merupakan pesanan temannya.

4. A Dahabo

Salah seorang kreator Tiktok @jjdreamss membagikan video yang memperlihatkan kreator luar negeri @a.dahabo makan babi dengan ucapan bismillah. Video tersebut diunggah pada tahun 2021 lalu. Dalam video itu tertulis "Pertama kali Muslim coba makan daging babi". 

"Hal yang paling enak adalah sesuatu yang haram," ucap wanita itu. JJdreamss yang beragama Kristen mengaku sangat tidak nyaman melihat konten itu.

"Aku tidak peduli siapa kamu tapi jangan memanfaatkan agama untuk menjadi viral," ujar JJdreamss. Hingga saat ini akun wanita itu masih ada tapi sudah dikunci.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement