Ahad 20 Aug 2023 17:34 WIB

Bagaimana Cara Istirahatkan Pikiran dan Tenangkan Hati? Ini Resep Jitu UAS   

UAS menjelaskan resep tenangkan hati dan pikiran

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Suasana acara Amazing Muharram 12 saat Ustaz Abdul Somad berceramah di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Ahad (20/8/2023).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Suasana acara Amazing Muharram 12 saat Ustaz Abdul Somad berceramah di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Ahad (20/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Abdul Somad (UAS) dai tersohor berasal dari Sumatra Utara memberikan tausiyah dalam acara Amazing Muharram Ke-12 di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Ahad (20/8/2023). Dalam tausiyahnya, UAS menjelaskan cara mengistirahatkan pikiran dan menenangkan hati. 

UAS menyampaikan, mata bisa dibuat istirahat, caranya pejamkan mata, Insya Allah mata akan istirahat. Telinga bisa dibuat istirahat, caranya sumpal lubang telinga, Insya Allah telinga akan istirahat. Kaki bisa istirahat, caranya duduk di rumah dan rebahan, Insya Allah kaki akan istirahat. 

Baca Juga

"Tapi ada yang tidak bisa diistirahatkan, apa ia? Pikiran, pikiran tidak pernah istirahat, ia terus berpikir dan berpikir," kata UAS di acara Amazing Muharram Ke-12 di Jakarta, Ahad (20/8/2023). 

UAS di tengah-tengah tausiyahnya sering diselingi candaan yang membuat jamaah tertawa. Dia mengatakan bahwa dulu orang hanya memikirkan keluarganya, sekarang orang membuka smartphone dan melihat-lihat. Kemudian yang dipikirkan, suami orang, anak orang, dan rumah orang. 

"Manusia sekarang aneh, tetangga beli kulkas, dia yang kedinginan. Teman yang renovasi rumah, dia yang masuk ICU," ujar UAS disambut gelak tawa jamaah acara Amazing Muharram yang digelar Cinta Quran Foundation. 

UAS mengatakan, pikiran ini yang paling mengganggu manusia. Maka satu satunya cara adalah kembali kepada Alquran. Ambil wudhu, setelah itu sholat sunnah, kemudian buka Alquran untuk membacanya. 

"Dengan membaca Alquran, pikiran menjadi istirahat. Dengan membaca Alquran, hati menjadi tenang," kata UAS. 

Baca juga: Upaya Para Nabi Palsu Membuat Alquran Tandingan, Ada Ayat Gajah dan Bulu

SWT) yang menurunkan ketenangan, ketenangan itu ada di dalam hati, kalau sudah hati tenang yang lain ikut tenang. "Maka kalau ada jamaah yang tertidur itu berarti hatinya?," ujar UAS yang diiringi tawa jamaah. 

Untuk diketahui, Amazing Muharram Ke-12 diselenggarakan oleh Cinta Quran Foundation dalam momentum peringatan Muharram yang suci.

Acara Amazing Muharram Ke-12 melibatkan beberapa pembicara inspiratif nasional dan internasional yang memiliki kompetensi baik dalam ilmu maupun pengalaman.

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

Beberapa di antaranya adalah Ustadz Abdul Somad, Ustadz Fatih Karim, Habib Ali Zainal Abidin Al Kaff, Vince Asya Focarelli, Arie K Untung, Coach Jamil Azzaini, Coach Harri Firmansyah, Coach Asep Supriatna, Taufiq Ismail, Opick Tombo Ati, Ummu Sajjad, dan Angelina Sondakh. 

Rangkaian acara Amazing Muharram tahun ini meliputi training, talkshow, dan entertainment, yang bertujuan untuk menggerakkan pikiran, hati, dan perasaan para peserta. 

Pendiri dan CEO Cinta Quran, Ustadz Fatih Karim, mengatakan, lebih dari sekadar acara inspiratif, Amazing Muharram Ke-12 juga memiliki tujuan amal yang mulia. Seluruh kegiatan ini didedikasikan untuk mendukung Syiar Quran Project (SQP), khususnya program Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ). 

"IBBQ adalah inisiatif yang membebaskan lebih dari 100 ribu orang di Indonesia dari buta aksara Alquran sejak tahun 2012. Kelas pelatihan tidak berbayar yang diselenggarakan di seluruh pelosok Indonesia telah berhasil menjangkau wilayah di 34 provinsi, membawa pencerahan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk lebih memahami Alquran," ujar Ustadz Fatih. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement