Jumat 18 Aug 2023 12:38 WIB

DPR Minta Kemenkominfo Take Down Video Youtube Menghina Nabi Muhammad

Konten video youtube menghina Nabi Muhammad meresahkan publik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Konten video youtube menghina Nabi Muhammad meresahkan publik. Foto:  Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.
Foto: DPR
Konten video youtube menghina Nabi Muhammad meresahkan publik. Foto: Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily turut ambil suara atas akun Youtube Sunnah Nabi yang meresahkan. Ia menyebut akun tersebut harus diusut tuntas.

"Channel seperti itu tidak dapat dibiarkan begitu saja. Konten kisah-kisah Nabi yang tidak sesuai rujukan sejarah yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, dan apalagi Nabi Muhammad SAW yang divisualisasikan, seharusnya tidak sembarangan untuk menjadi konsumsi publik," ujar dia dalam pesan yang diterima Republika.co.id, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga

Ia menyebut maksud dibalik hadirnya konten tersebut harus diusut tuntas. Harus diketahui dengan pasti apa motif pembuatan akun dan konten di dalamnya.

Jika kemudian kehadiran akun ini sudah membuat masyarakat, khususnya Muslim Indonesia, menjadi resah maka seharusnya pihak YouTube segera menurunkan atau men-takedown konten tersebut.

"Saya minta pihak Kominfo dapat segera bergerak untuk memastikan agar konten itu segera diturunkan. Pihak penegak hukum juga dapat mengusut tuntas pelaku yang mengunduh konten tersebut," lanjut Ace.

Channel Youtube dengan nama Sunnah Nabi menjadi perbincangan banyak pihak, utamanya di media sosial. Akun ini dinilai melecehkan Islam dan menghina Nabi Muhammad SAW.

Akun ini berisikan video-video animasi yang menceritakan seputar Rasulullah SAW dan sahabat maupun kegiatannya. Ia mendapat sorotan karena membuat gambar/animasi wajah Rasul dengan sangat jelas, yang mana hal ini adalah terlarang dan tidak sesuai dengan akidah Islam.

Berdasarkan pantauan pada Jumat (18/8/2023), akun ini telah mendapatkan 5,91 ribu pengikut dan berisikan 29 video. Ia pertama kali dibuat pada 1 Juni 2022 dan sudah mencatatkan 1.056.482 penonton.

Dalam deskripsinya, mereka menuliskan, "Channel ini khusus menampilkan video-video animasi tentang Nabi Muhammad dan ajaran Islam yang tidak disampaikan secara jujur oleh para ulama. Mereka sengaja menyembunyikan perbuatan, tabiat, tindakan sang Nabi demi tetap menampilkan Islam sebagai agama damai bagi seluruh umat manusia." Dalam detail lokasi disebut jika akun ini berasal dari Amerika Serikat.

Ada sejumlah judul yang diunggah dalam akun ini. Di antaranya Nabi Muhammad Perencana Pernikahan, Nabi Muhammad Penghancur Patung Milik Non-Muslim, Kematian Tragis Nabi Muhammad dan Keluarganya, serta Islam Durjana yang dibuat dalam beberapa video.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement