Kamis 17 Aug 2023 22:45 WIB

HUT ke-78 RI di Pesantren Ngruki Abu Bakar Baasyir, Ada Pengibaran Bendera Hingga Lomba

Pesantren Al Mukmin Ngruki turut merayakan HUT ke-78 RI

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Suasana upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke-78 di pondok Al Mukmin Ngruki, Kamis (17/8/2023).
Foto: Republika/Muhammad Noor Alfian
Suasana upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke-78 di pondok Al Mukmin Ngruki, Kamis (17/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO – Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki yang didirikan oleh eks narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan meriah.    

Pesantren yang berada di Ngruki, Sukoharjo ini menyemarakan HUT Proklamasi RI ke-78 denhan berbagai kegiatan mulai dari upacara pengibaran bendera merah putih, tasyakuran hingga perlombaan.    

Baca Juga

“Panitia mengkonsep kegiatan semarak kemerdekaan kali ini dengan berbagai macam perlombaan yang harus menampilkan kekompakan dan kebersamaan. Disamping itu juga ada beberapa kegiatan lainnya seperti pelaksanaan upacara dan tasyakkuran,” ujar Ketua Panitia Semarak Kemerdekaan Indonesia ke-78 Pondok Ngruki, Ustadz Sudaryanto, seperti rilis yang diterima Republika.co.id pada Kamis (17/8/2023).  

Rangkaian kegiatan Semarak Kemerdekaan Indonesia di Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo melibatkan santri mulai tingkat MTs, MA dan Sekolah Tinggi serta seluruh dewan guru.     

Ustadz Ageng Bagus Priendy,  menyampaikan rangkaian kegiatan Semarak Kemerdekaan Indonesia ke-78 di Pondok Pesantren Ngruki diawali dengan pemasangan umbul umbul dan bendera merah putih di sekitar pesantren dan lomba-lomba perorangan maupun kelompok seperti tarik tambang, voli air, tangkap belut hingga balap karung. 

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

Rangkaian kegiatan dalam rangka Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Pondok Ngruki Solo ini akan dipungkasi dengan Upacara dan Tasyakkur Kemerdekaan yang diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2023 pagi dengan inspektur upacara  KH. Farid Makruf,  selaku Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki.  

Pondok pesantren mengundang instansi pemerintah yaitu Bupati Sukoharjo, Kepala Kemenag Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Dandim Sukoharjo, BNPT dan Densus 88 Anti Teror, Camat Grogol dan Kepala Desa Cemani. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement