Selasa 15 Aug 2023 08:00 WIB

Para Ahli Berkumpul di Riyadh Membahas Keuangan Islam

Industri keuangan Islam diperkirakan akan tumbuh.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Suasana kota Riyadh, Arab Saudi di malam hari.
Foto: Saudi Gazette
Suasana kota Riyadh, Arab Saudi di malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Pertemuan para dewan ke-42 puncaknya diadakan di Riyadh pada hari Senin dan Selasa. Pertemuan kali itu perwakilan dari industri jasa keuangan Islam diharapkan untuk membahas pengembangan kompetensi dan praktik manajemen risiko.

“Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Jasa Keuangan Islam ini akan memperdebatkan peristiwa baru-baru ini di industri yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitasnya,” menurut pernyataan yang dirilis oleh Bank Sentral Saudi, juga dikenal sebagai SAMA, dilansir dari Arab News, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

Gubernur SAMA Ayman Al-Sayari, yang juga ketua IFSB, akan mengarahkan dewan tahunan dan pertemuan majelis umum. Gubernur, anggota dewan dan ahli keuangan Islam juga akan berkumpul di acara tersebut.

Pertemuan tahunan tahun ini akan menjadi tuan rumah lokakarya pengembangan kapasitas untuk bank selain peringkat commemo pada peringatan 20 tahun berdirinya IFSB

Menurut laporan dari S&P Global Ratings pada bulan Mei, industri keuangan Islam diperkirakan akan tumbuh pada 2023-2024 berkat sistem perbankan Arab Saudi yang kuat.

Badan yang berbasis di AS memperkirakan pertumbuhan sekitar 10 persen di seluruh industri pada 2023-2024 setelah melihat ekspansi serupa pada 2022, dengan Kerajaan dan Kuwait sebagian besar memicu kenaikan tahun lalu.

S&P Global Ratings juga percaya bahwa meskipun terjadi perlambatan ekonomi yang diprediksi dan penurunan penerbitan sukuk tahun ini, pasokan baru produk akan melebihi yang akan matang.

Laporan tersebut menggemakan temuan dari Fitch Ratings yang berbasis di AS yang dirilis pada bulan April, yang mengklaim penerbitan sukuk global untuk kuartal kedua tahun 2023 meningkat bahkan saat menghadapi ketidakpastian jangka pendek di tengah volatilitas makro yang berkelanjutan

Dalam laporannya, S&P Global Ratings mengatakan: "Kami memperkirakan perlambatan material dalam pertumbuhan PDB riil ekonomi GCC pada 2023-2024, dibandingkan dengan 2022, sebagian besar didasarkan pada produksi minyak yang lebih rendah. Namun, kami berpikir bahwa kinerja sistem perbankan Arab Saudi akan terus mendukung sebagian besar industri keuangan Islam yang berkembang.

"Di negara-negara GCC lainnya, pertumbuhan sekitar 5 persen tampak masuk akal karena tidak adanya siklus investasi pemerintah besar yang baru."

Laporan tersebut berargumen bahwa keuangan Islam masih lebih merupakan koleksi industri lokal daripada sektor yang benar-benar mengglobal, dan bahwa ia sedang mencari cara untuk meningkatkan daya saingnya untuk mengamankan daya tarik yang lebih luas.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2355231/business-economy

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement