Kamis 10 Aug 2023 15:50 WIB

Puluhan Mahasiswa Ikuti Seleksi Wawancara Beasiswa Lazismu DIY

Ada beberapa tahapan bagi mahasiswa yang mengikuti proses seleksi beasiswa ini.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Beasiswa (ilustrasi)
Foto: PxHere
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Puluhan mahasiswa mengikuti seleksi wawancara beasiswa Sang Surya Lazismu DIY. Beasiswa Sang Surya Lazismu ini terdiri atas jenis beasiswa dhuafa dan beasiswa kader.

Total ada 69 mahasiswa yang mengikuti seleksi beasiswa ini, dari total 102 mahasiswa yang lolos administrasi calon penerima beasiswa. Pelaksanaan proses wawancara melibatkan berbagai pihak.

Mulai dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, unsur Badan Pengurus Lazismu DIY, wakil ketua PWM DIY, hingga melibatkan Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) PWM DIY.

Ketua Lazismu DIY Jefree Fahana mengatakan, mahasiswa yang mengikuti seleksi wawancara beasiswa ini terdiri atas 32 mahasiswa jalur beasiswa dhuafa. Sedangkan, 37 mahasiswa lainnya jalur beasiswa kader.

"Sebanyak 69 calon penerima beasiswa program beasiswa Sang Surya, nantinya akan dipilih melalui seleksi wawancara dan dibantu biaya SPP full selama satu tahun atau dua semester," Kata Jefree dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/8/2023).

Jefree menuturkan, program beasiswa Sang Surya Lazismu DIY merupakan program yang dijalankan untuk membantu mahasiswa dalam pembiayaan kuliah. Bantuan biaya pendidikan ini akan diberikan selama satu tahun atau dua semester.

"(Beasiswa ini untuk) Mahasiswa yang berkuliah di lingkup wilayah Yogyakarta, baik dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS)," ujar Jefree

Ada beberapa tahapan bagi mahasiswa yang mengikuti proses seleksi beasiswa ini. Mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, hingga seleksi wawancara yang dilakukan saat ini.

"Selanjutnya, hasil akhir akan diumumkan pada bulan Agustus ini. Dari hasil penerima beasiswa nantinya akan menjadi relawan Lazismu DIY selama satu tahun sebagai komitmen kontribusi kepada Lazismu DIY," katanya.

Sebelumnya, pada program beasiswa Sang Surya tahun 2022 telah menerima tujuh mahasiswa. Tujuh mahasiswa tersebut diberikan biaya kuliah selama dua semester dan menjadi relawan Lazismu selama satu tahun.

"Penerima beasiswa juga diberikan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Lazismu DIY," kata anggota Bidang Program Lazismu DIY, Rizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement