Kamis 03 Aug 2023 13:36 WIB

Keluarga Panji Gumilang Angkat Suara Sikapi Penangkapan Atas Kasus Penistaan Agama

Pihak keluarga menyayangkan penangkapan Panji Gumilang

Rep: Muhyiddin, Ali Mansur / Red: Nashih Nashrullah
Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang berjalan saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/8/2023). Panji Gumilang menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait tindak pidana penistaan agama
Foto:

Menurut dia, apa yang disampaikan oleh Syekh Panji Gumilang adalah ranah pemikiran, ranah akademik dan disampaikan di lingkungan pendidikan atau kampus pada forum tausyiah untuk civitas pesantren yang komponennya sangat banyak.

Dia mengatakan, Panji Gumilang sebagai pimpinan pesantren dan pendidik bukan seperti guru yang mengajar rutin setiap hari di ruang kelas. Namun, kata dia, Panji Gumilang hanya mengajar pada momen tertentu, seperti bakda Jumat di mimbar Jumat.

“Di sini biasanya beliau menyampaikan dengan singkat dan tidak pernah lebih dari 15 menit saja. Bahasan tentang hal-hal perkembangan informasi seputar kabar terkini mah’ad, berita hangat, kabar yang menggembirakan, dan nasihat mengingatkan agar menjaga kesehatan dan lain-lain,” kata Anis.  

Selain itu, menurut dia, Panji Gumilnag juga menyampaikan tausiyahnya pada acara spesial 1 Muharram, khutbah Idul Fitri dan Idul Adha atau penyambutan santri baru dan pada pelepasan alumni dan mahasiswa.

“Di momen inilah biasanya Syekh Panji Gumilang menyampaikan gagasan pemikiran yang segar, out of the box dengan bahasan tidak hanya seputar itu-itu atau itu-itu lagi dari jaman SD sampai tua tema yang didengar pasti baku,” ujar Anis.

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

“Inilah momen yang kami tunggu-tunggu, isi penyampaian tausyiah beliau. Sehingga sivitas tercerahkan dan antusias. Namun, mungkin juga sebagian ada yang kebingungan. Itu hal yang lumrah. Namun, namanya proses berpikir ada ruang dialogis. Yang akhirnya kami memahami,” kata dia.

Anis menambahkan, Panji Gumilang juga mempunyai pemikiran yang agile dan tidak stagnan. Karena, menurut dia, karakteristik Panji Gumilang adalah seorang pendidik. Bagi ayahnya itu, kata dia, proses belajar dan mengamalkan ilmu adalah sepanjang usia, dan manusia hakikatnya terus bertumbuh sepanjang zaman. “Tetap semangat apapun yang terjadi terus bergerak maju kedepan!,” kata Anis. 

Penyidik Dittipidum Bareskrim Polri telah menetapkan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement