Selasa 01 Aug 2023 18:27 WIB

MTQ Pacu Pembangunan SDM Bidang Keagamaan

MTQ ajang menyebarluaskan keindahan Alquran.

Ilustrasi MTQ.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Kamaruddin Amin mengharapkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di tingkat daerah mampu menjadi daya dorong untuk memacu akselerasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya bidang Keagamaan.

"Diharapkan MTQ ini bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama, berbangsa, serta bernegara, karena tidak hanya membaca Al-Quran saja tetapi ada tafsir, kaligrafi, dan sebagainya yang dapat memacu akselerasi SDM kita," ucap Kamaruddin usai menghadiri pembukaan MTQ ke-XX tingkat Provinsi Banten di Tangerang, Rabu (1/8/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan MTQ jangan hanya dimaknai sebatas mengejar juara, namun bagaimana caranya dapat menumbuhkan rasa kecintaan mempelajari serta memahami Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat islam. Selain itu, lanjutnya, MTQ dapat menjadi tolak ukur pembinaan seni baca dan tulis Alquran.

"MTQ ini juga bisa meningkatkan kecintaan umat kepada Alquran sehingga bisa membentuk karakter yang Qurani," katanya.

 

Apabila MTQ hanya dipahami dan dimaknai dari sisi kegiatan syiar, menurutnya, itu hal yang keliru. Lebih Jauh dari itu MTQ bisa menjadi barometer untuk mengukur hasil pembelajaran Alquran di masyarakat.

"Saya merasa bangga melihat antusiasme masyarakat Banten menyambut MTQ ini. Begitu juga pemerintahannya sangat mendukung penuh. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kecintaan umat kepada Alquran," ujarnya.

Pemprov Banten secara resmi telah membuka gelaran MTQ tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Tangerang pada 25 sampai 30 Juli 2023.

 

Ketua Panitia MTQ ke-XX Provinsi Banten Virgojanti mengatakan MTQ itu diikuti 431 peserta dari empat Kabupaten dan empat Kota di Provinsi Banten.

 

Pihaknya telah menyiapkan 12 arena, diantaranya  arena utama untuk pelaksanaan lomba Tilawah Dewasa dan Qiroat Sab'ah di Alun-alun Tigaraksa, arena 2 untuk Tilawah Murotal dan Canet di Masjid Nurul Ulum  di Jalan Rajawali PWS Margasari RT.02/02, arena 3 untuk perlombaan Tilawah Anak-anak dan Remaja di Masjid Agung Al Amjad Tigaraksa, dan arena 4 untuk Tilawah Sab'ah dan Murottal Remaja dan Dewasa di Masjid Al Muhajirin Desa Margasari RW.03 Tigaraksa.

 

Selanjutnya arena 5  untuk MHQ 1 dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah di Masjid An-Nur Desa Margasari RT.02/04 Tigaraksa. Arena 6 untuk MHQ 10 Juz dan 20 Juz di Masjid Al-Huda Katomas Kelurahan Tigaraksa, arena 7 untuk MHQ 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab di Masjid Agung Al Amjad Tigaraksa Lantai 2, dan arena 8 Tafsir untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Arabdi Gedung MUI Kabupaten Tangerang.

 

Untuk arena 9 yaitu pelaksanaan MSQ di GOR Pemda Kabupaten Tangerang, arena 10 untuk MFQ  di GSG Kecamatan Tigaraksa, arena 11 untuk lomba MKQ (Khotil Qur'an), di MAN 1 Tangerang Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa, dan arena 12 untuk lomba MMQ di Untara Perum Sudirman Indah Tigaraksa.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement