Kamis 27 Jul 2023 23:18 WIB

Pemkab Manokwari Siap Garap Produk Halal

Manokwari siap manfaatkan industri halal.

Ilustrasi halal
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ilustrasi halal

REPUBLIKA.CO.ID,MANOKWARI - - Kabupaten Manokwari, Papua Barat melirik peluang industri produk makanan halal untuk menumbuhkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM).

“Produk UMKM dan IKM dari Manokwari harus halal karena produk halal punya potensi besar di Indonesia,” kata Bupati Hermus Indou di hadapan pelaku usaha UMKM dan IKM di Manokwari, Kamis.

Baca Juga

Hermus mengatakan, meski Manokwari terkenal dengan Kota Injil tapi UMKM dan IKM tetap harus melihat pangsa pasar yang ada. Penduduk di Indonesia yang mayoritas muslim menjadi peluang untuk memasarkan produk-produk Manokwari ke luar daerah.

“Banyak hal jadi lebih menguntungkan jika orang tidak ragu bahwa produk kita halal. Ketika produk dari Manokwari sudah terkenal halal maka orang tidak sungkan membelinya,” kata Hermus.

 

Setelah memiliki produk halal, Hermus meminta UMKM dan IKM harus bisa menjaga kualitas dan kapasitas produksi. Produk yang dihasilkan harus bisa berkelanjutan sehingga UMKM dan IKM dari Manokwari bisa bersaing dengan daerah lain.

“Kita berharap Manokwari bisa jadi daerah produsen yang mampu menghasilkan dan menyediakan kebutuhan daerah lain. Biar daerah lain yang jadi pasar bagi kita, jangan terbalik,” ujarnya.

Hermus mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari siap untuk mencarikan pasar di luar daerah. Karena jaman sekarang, mencari pasar tidak sesulit dulu. Strategi dan langkah perlu diambil pemerintah agar Manokwari bertahap untuk mengurangi ketergantungan dari daerah lain.

“Produk UMKM dan IKM dari Manokwari di jangan absen ikut kegiatan nasional. Saya berharap kita bisa tingkatkan partisipasi untuk kegiatan nasional agar produk kita bisa lebih terkenal lagi di daerah lain,” jelasnya.

Hermus juga mengimbau pada pelaku UMKM dan IKM harus menjadi pemain utama perekonomian nasional bahkan internasional. Pelaku UMKM dan IKM juga harus memiliki daya juang yang kuat.

“Sebagai bagian dari masyarakat nasional dan masyarakat dunia, Kabupaten Manokwari harus siap berkompetisi dan bersaing dengan kabupaten/kota di Papua-Papua Barat hingga nasional. Saya punya keinginan suatu saat nanti ada program UMKM dan IKM Manokwari bisa tembus pasar nasional dan internasional,” katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement