Selasa 25 Jul 2023 21:33 WIB

Tambah Pengetahuan Riset dan Penelitian yang Aktual Melalui Program Praktisi Mengajar

Program Praktisi Mengajar telah berhasil mempertemukan dosen dengan praktisi.

Program studi Sistem Informasi Universitas BSI berpartisipasi dalam program Praktisi Mengajar dengan mata kuliah Penelitian Sistem Informasi.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program studi Sistem Informasi Universitas BSI berpartisipasi dalam program Praktisi Mengajar dengan mata kuliah Penelitian Sistem Informasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kembali memperlihatkan kolaborasi yang sukses antara Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan praktisi industri.

Kali ini, program Praktisi Mengajar telah berhasil mempertemukan dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI dengan praktisi dalam bidang Sistem Informasi. Program ini bertujuan untuk menyelenggarakan pembelajaran praktis dan aplikatif yang relevan dengan perkembangan terkini di industri. 

Baca Juga

Program studi Sistem Informasi Universitas BSI berpartisipasi dalam program Praktisi Mengajar dengan mata kuliah Penelitian Sistem Informasi. Pada kesempatan ini, Eni Irfiani selaku dosen Sistem Informasi Universitas BSI bekerja sama dengan praktisi Slamet Riyanto dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kolaborasi ini berlangsung selama lima minggu, dimulai dari 4 Mei hingga 25 Juli 2023 lalu.

Slamet memberikan materi kepakaran tentang analisis sentimen menggunakan text mining. Materi ini ditambahkan ke dalam rencana pembelajaran yang telah disusun pada RPS untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang ilmu praktis yang relevan dan terkini. “Hal ini juga memberikan manfaat bagi mahasiswa-mahasiswi prodi Sistem Informasi Universitas BSI dalam penelitian yang mereka akan lakukan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, hasil akhir dari pembelajaran ini adalah karya ilmiah yang akan dimasukkan ke dalam jurnal, baik yang belum terakreditasi maupun yang sudah terakreditasi. Ini memberikan nilai tambah bagi mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan penelitian dan akademik mereka. 

Sementara itu, Eni menyambut positif kegiatan ini dan menyatakan bahwa Praktisi Mengajar merupakan cara yang efektif untuk melibatkan industri dalam proses pembelajaran. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat diadakan secara teratur untuk memperkaya materi pembelajaran di semester berikutnya.

“Program Praktisi Mengajar ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi dosen dan pengampu mata kuliah. Kolaborasi dengan praktisi membantu menghadirkan perspektif industri dan aplikasi praktis yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Universitas BSI,” ujarnya.

Disisi lain, salah satu mahasiswa prodi Sistem Informasi Universitas BSI, Komal menyatakan bahwa program Praktisi Mengajar ini sangat membantu dalam memahami penelitian dan riset sejak semester lima. “Dengan adanya pembelajaran praktis ini, kami merasa lebih siap saat memulai proses penulisan skripsi nanti,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement