Rabu 19 Jul 2023 19:46 WIB

Jokowi: Mari Berhijrah dan Melangkah Maju

Jokowi juga mengajak umat Islam meninggalkan semua gangguan agar bisa melaju.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo.
Foto: EPA-EFE/DAN HIMBRECHTS
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru Islam diperingati pada 1 Muharram yang jatuh pada Rabu (19/7/2023) hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memaknai tahun baru Islam untuk bersama-sama berhijrah dan melangkah maju.

"Mari berhijrah dan melangkah maju," kata Jokowi dalam unggahannya di akun media sosial Instagram-nya, @jokowi.

Baca Juga

Jokowi juga mengajak umat Islam agar meninggalkan semua gangguan dan hambatan agar bisa melaju. "Meninggalkan semua gangguan yang tak perlu. Menanggalkan segala hambatan yang menahan kita melaju," kata Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis juga mengimbau umat Islam untuk berhijrah menuju hal yang lebih baik.

"Tahun baru Hijriyah itu namanya adalah hijrah. Artinya melakukan perbaikan dari sebelumnya. Oleh karena itu, saya berharap masyarakat memanfaatkan pertama, spirit hijrah. Pastikan kita hijrah kepada yang lebih baik," ujar Kiai Cholil saat ditemui Republika, Selasa (18/7/2023). 

Mungkin selama ini ada sebagian umat Islam yang masih bolong dalam menjalankan ibadah sholat, serta masih berbuat maksiat. Setelah pergantian tahun baru Islam ini, menurut Kiai Cholil, kebiasaan seperti itu harus diubah menjadi lebih baik. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement