Selasa 04 Jul 2023 10:42 WIB

Doa yang Bisa Diikhtiarkan untuk Dikaruniai Anak Laki-Laki

Doa dikaruniai anak laki-laki bisa dibaca ibu hamil

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ayah sayang anak dan menggendong anaknya (ilustrasi). Doa dikaruniai anak laki-laki bisa dibaca ibu hamil
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Ayah sayang anak dan menggendong anaknya (ilustrasi). Doa dikaruniai anak laki-laki bisa dibaca ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Salah satu tujuan dari pada pernikahan adalah agar memiliki keturunan. Dalam Islam, setiap anak yang dilahirkan, baik itu laki-laki ataupun perempuan sama-sama mulianya. 

Namun, terkadang pasangan suami istri yang telah dikaruniai anak perempuan berharap kembali dikaruniai anak dengan jenis kelamin laki-laki. Apalagi bila setiap anggota keluarga pun menaruh harapan agar memiliki anak laki-laki. Yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri adalah berdoa kepada Allah SWT sebab Allah SWT yang berkuasa. 

Baca Juga

Doa merupakan ikhtiar yang sangat penting, sebab dengan doa kita memohon kepada Allah, Dzat yang akan menciptakan keturunan, agar berkenan menciptakan bayi laki-laki dari rahim istri. Allah telah memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa, dan Dia pasti akan mengabulkannya. 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ  “Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. (QS Al Mu’min 60).

 

Imam Sulaiman bin Muhammad Al-Bujairami di dalam kitab Tuhfatul Habib ‘ala Syarhil Khathib atau dikenal dengan sebutan Hasyiyah Al-Bujairami ‘alal Khathib menuliskan sebuah doa yang dapat dibaca oleh pasangan suami istri yang berharap memiliki anak laki-laki. Berikut doanya: 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أُسَمِّيْ مَا فِيْ بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِيْ ذَكَرًا فَإِنَّهُ يُولَدُ ذَكَرًا إنْ شَاءَ اللّٰهُ تَعَالَى

Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inny usammiy maa fiy batniha Muhammad faj'alhu liy dzakaron fainnahu yuuladu dzakaron insyaa Allahu ta'ala. 

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku akan menamai apa yang ada di dalam kandungannya dengan nama Muhammad, maka jadikanlah ia anak laki-laki bagiku, karena Muhammad dilahirkan sebagai seorang laki-laki, insya Allah.

Baca juga: Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

 

Ketika membaca doa ini dianjurkan untuk meletakan tangan suami pada perut istri yang telah hamil. Doa ini dibaca dianjurkan dibaca berulang kali terutama pada masa kehamilan awal. 

Syekh Muhammad at-Tahami Ibnu Madani, dalam kitab Qurrat al-'Uyun, halaman 149 menjelaskan: 

  مَنْ اَرَادَ اَنْ يُوْلَدُ لَهُ ذَكَرٌ فَلْيُسَمِّ حَمْلَ امْرَأَتِهِ بِاسْمِ مُحَمَّدِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ  Barangsiapa menginginkan untuk anak laki-laki, maka memberi nama ketika istrinya hamil, dengan nama Muhammad SAW. Dalam penjelasan lain terdapat doa sebagai berikut:

اللهم ان كنت خلقت خلقا فى بطن هذه المرأة فكوّنه ذكرا واسميه احمد بحق محمد صلى الله عليه وسلم رب لاتذرنى فردا وانت خير الوارثين.

Allahumma in kunta khalaqtani khalqan fi bathni hadzihil marati fatakunu dzakaran wa usammihi ahmada bihaqqi Muhammadin shallallahu alaihi wa sallama, Rabbi la tadzarni ardan wa anta khairul waritsin 

”Ya Allah apabila Engkau berkehendak menciptakan seorang makhluq di dalam perut wanita ini, maka jadikanlah anak laki-laki dan akan aku beri nama Ahmad, dengan bertawasul kepada Muhammad SAW, wahai Tuhanku jangan engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan engkaulah waris yang paling baik. (Sa’adah Ad-Daroin, halaman 655). Doa ini bisa dibaca sambil memegang perut istrinya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement