Ahad 02 Jul 2023 18:20 WIB

Sakinah Finance Bersama LPMQ Kemenag dan Gerkatin Adakan Pelatihan Alquran Isyarat

Menjadikan akses layanan membaca Alquran semakin terbuka kepada seluruh umat Islam.

Pelatihan Alquran isyarat
Foto: Dok. Republika
Pelatihan Alquran isyarat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sakinah Finance bersama LPMQ Kemenag dan Gerkatin mengadakan pelatihan Alquran Isyarat. Pelatihan Alquran Isyarat ini dihadiri oleh 60 peserta dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa peserta dari Malaysia.

Dalam sambutannya Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Abdul Azis Sidak menyadari bahwa LPMQ terlambat menghadirkan Mushaf Alquran Isyarat yang baru diluncurkan tahun ini dibandingkan dengan Alquran Braille yang sudah ada sejak 1984. "Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan seperti yang diselenggarakan oleh Sakinah Finance ini, menjadikan akses layanan membaca Alquran semakin terbuka kepada seluruh umat Islam tanpa terkecuali," kata dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Ahad (2/7/2023). 

 

photo
Pelatihan Alquran Isyarat - (Dok. Republika)

 

Pelatihan ini dibimbing oleh Muhammad Zamroni Ahbab dari Tim LPMQ dengan delapan topik yang dibahas yaitu: Motivasi belajar Alquran Isyarat, Huruf Hijaiyah Isyarat, Harakat Isyarat, Tanda baca dalam Alquran Isyarat, Tajwid dalam Alquran Isyarat, Isyarat Alquran Metode Kitabah & Tilawah, Praktik Membaca Mushaf Alquran Isyarat dan Media digital Mushaf Alquran Isyarat.

“Sakinah Finance peduli mengajarkan Alquran Isyarat kepada komunitas disabilitas karena untuk menyebarkan pesan-pesan pengelolaan keuangan dan bisnis syariah dengan bahasa isyarat, para pendamping, pelatih dan peserta perlu terlebih dulu belajar Alquran isyarat,” ujar Murniati, Pendiri Sakinah Finance, yang kali ini bekerja sama dengan komunitas Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin).

“Lagipula, tidak semua saudara-saudara kita dari komunitas disabilitas terutama yang tergolong “berat” akan mampu menerima pendampingan keuangan dan bisnis. Minimal, kita bisa menyampaikan semangat membaca dan memahami Alquran dalam kehidupan mereka yang beragama Islam, tentunya dengan kemampuan mereka sebisanya,” tambahnya. 

Humas Sakinah Finance, Agung Pratama menyatakan, bahwa program Sakinah Finance selanjutnya adalah pertemuan 1.000 komunitas penyandang disabilitas di Kota Bogor. Rencananya akan diadakan di Balaikota Bogor. Acara yang akan digelar adalah Belajar Al-Qur’an Isyarat, Literasi Keuangan dan Bisnis Syariah, Lomba Melukis dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement