Jumat 30 Jun 2023 13:29 WIB

Anies Baswedan Disambut Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman

Anies Baswedan diundang Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam sebuah Resepsi.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Muhammad Hafil
Anies Baswedan dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.
Foto: SPA
Anies Baswedan dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anies Baswedan masuk dalam jajaran tamu kehormatan ibadah haji tahun ini. Mantan gubernur DKI Jakarta itu disambut oleh Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Mina bertepatan hari raya Idul Adha pada Kamis (29/6/2023) waktu setempat.

Tidak hanya Anies, beberapa tokoh dari berbagai negara juga mendapatkan undangan MBS hingga menghadiri pertemuan tersebut. Pertemuan ini digelar dengan tamu-tamu seperti para pejabat kerajaan Arab Saudi, kepala pemerintahan, delegasi, tokoh agama, dan figur-figur publik yang menjadi tamu undangan VIP haji tahun 2023.

Baca Juga

Hal tersebut dikutip dari akun twitter Saudi Press Agency (SPA) yang merilis foto-foto Anies bersalaman dengan MBS. Selain foto dengan Anies, SPA juga merilis sejumlah foto para tokoh publik di akun Twitter resminya.

"Atas nama Raja Salman Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada hari Kamis menjadi tuan rumah resepsi bagi pejabat negara, kepala lembaga dan delegasi pemerintah, tokoh agama dan pejabat lainnya yang sedang melakukan haji," tulis keterangan resmi SPA di akun resmi Twitter @spagov seperti dikutip Republika di Jakarta pada Jumat (30/5/2023).

Di awal acara yang bertepatan di Istana Mina, putra mahkota berjabat tangan dengan raja Malaysia, presiden Senegal, Bangladesh dan Pakistan, wakil presiden Maladewa, perdana menteri Mesir, Lebanon, Palestina, Somalia dan Niger, dan para pembicara parlemen di sejumlah negara Islam. Dia kemudian menyampaikan pidatonya dihadapan mereka.

"Saya senang, atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz untuk menyambut Anda, dari sekitar Masjidil Haram, dan untuk mengucapkan selamat kepada para peziarah dan umat Islam pada Idul Adha yang diberkahi," kata MBS seperti dilansir laman Arab News.

Dia mengatakan, Kerajaan Arab Saudi telah melakukan segala upaya dan memanfaatkan semua kemampuan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para peziarah sejak berdirinya. Saudi, kata dia telah diberkati untuk melayani Dua Masjid Sudi dan merawatnya.

Sementara itu, Menteri Haji dan Umrah Saudi, Tawfig Al-Rabiah mengatakan, jemaah haji dapat melakukan ritual mereka dengan mudah dan aman berkat dukungan dan bimbingan dari Raja Salman dan putra mahkota. Layanan berkualitas tinggi disediakan untuk jamaah sepanjang perjalanan spiritual mereka oleh lebih dari 40 organisasi sektor publik berdasarkan rencana operasional yang mulai dikembangkan pada akhir musim haji tahun sebelumnya.

Sumber:

https://twitter.com/spagov/status/1674492493881045012?s=20

photo
Infografis Tiga Kondisi Doa - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement