Kamis 29 Jun 2023 23:08 WIB

300 Kapal Pertamina Kawal Pasokan LPG & BBM selama Libur Idul Adha

Idul Adha jadi momentum menguatkan persatuan bangsa.

Rep: Novita Intan/ Red: Erdy Nasrul
PGN selaku Subholding Gas Pertamina memastikan ketersediaan dan pasokan gas bumi untuk masyarakat dalam kondisi aman.
Foto: PGN
PGN selaku Subholding Gas Pertamina memastikan ketersediaan dan pasokan gas bumi untuk masyarakat dalam kondisi aman.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Pertamina International Shipping menyiapkan ratusan armada kapal untuk memastikan kelancaran distribusi bahan bakar minyak dan LPG selama masa libur Idul Adha 1444 Hijriah.

Sekretaris Perusahaan  Pertamina International Shipping Muh Aryomekka Firdaus mengungkapkan perseroan berupaya mengutamakan keamanan dan keselamatan para perwira yang tetap bertugas selama libur Idul Adha.

Baca Juga

"Sebanyak 300 kapal PIS dioperasikan kelancaran distribusi energi domestik maupun angkutan kapal internasional untuk memastikan ketersediaan pasokan dari luar negeri," ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (29/6/2023).

Dari 300 kapal tersebut sebanyak 272 merupakan kargo untuk mendistribusikan energi di dalam negeri untuk mengangkut produk bahan bakar minyak, gas, minyak mentah, avtur, naphta, asphalt, dan lainnya. Sisanya merupakan kapal rute internasional dengan rincian 17 kapal BBM, lima kapal crude, dan enam kapal gas.

 

Sebagai antisipasi, Pertamina International Shipping  juga menyiapkan kapal-kapal internasional dengan skema spot charter dan memastikan pemantauan secara berkala  penyaluran BBM dan LPG. Mulai dari pemantauan di seluruh depot dari sisi kondisi stok, DOT, coverage days serta posisi dan kondisi kapal, dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk mitigasi dan antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan di suatu terminal.

Dari sisi kesiapan kapal, pemantauan dilakukan secara digital dengan aplikasi dan teknologi yang Pertamina International Shipping miliki untuk mendeteksi perkembangan situasi, mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat dan risiko lainnya yang terpantau dalam satu dashboard digital yakni Digital Fleet Workspace.

Perseroan merayakan momen Idul Adha 1444 Hijriah tahun ini dengan berbagi bersama dan menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat. 

“Secara keseluruhan keluarga besar SH IML menyalurkan sebanyak 125 hewan kurban, yang berasal dari anak usaha, para perwira, serikat pekerja, dan lainnya,” ucapnya.

Penyaluran 125 hewan kurban terdiri dari 58 ekor sapi dan 67 ekor kambing, yang penyembelihan dan penyalurannya dilakukan oleh Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja Pelaut Aktif (SP FKPPA),  perwira fungsi Armada PIS, Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina International Shipping dan pekerja, PT Pertamina Trans Kontinental, dan PT Pertamina Energy Terminal. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement