Jumat 23 Jun 2023 14:22 WIB

Doa Berjalan Menuju Masjid

Doa ini sangat tepat dibaca saat berjalan keluar rumah menuju masjid.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang berdoa.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi orang berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebaik-baiknya perjalanan adalah perjalanan menuju masjid. Orang-orang yang dapat melangkahkan kakiku ke masjid untuk beribadah kepada Allah akan memperoleh keberuntungan di dunia dan akhirat. 

Dianjurkan ketika berjalan menuju masjid untuk membaca doa kepada Allah SWT. Berikut doanya sebagaimana dikutip dari kitab Al Khulashoh fi Adzkarin Wa Ad'iyatin Waaridatin Wa Matsuratin yang disusun Habib Umar bin Muhammad bin Salim Al Hafidz:

Baca Juga

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ اَلسَّائِلِينَ عَلَيْكَ، وَبِحَقِّ الرَّاغِبِينَ إِلَيْكَ، وَبِحَقِّ مَمْشَايَ هَذَا إِلَيْكَ، فَإِنِّي لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًا، وَلَا بَطَرًا، وَلَا رِيَاءً، وَلَا سُمْعَةً، بَلْ خَرَجْت اتِّقَاءَ سَخَطِكَ, وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ, أَسْأَلُكَ أَنْ تُعِيذَنِي مِنْ النَّارِ، وَتُدْ خَلِّنِي الْجَنَّةَ ، وَتَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.

Allahumma inny asaluka bihaqis sailiyna 'alaika, wabihaqir rohhibiyna ilaika, wabihaqir mamsyaaya hadzaa ilaika, fainny lam akhruj asyaron, wa laa bathoron, wa laa riyaaan, wala sum'atan, bal khorojtu ittiqloa sakhothika, qabthigooa mardhotika, asaluka anntu'iydza niy minan naari, watud khilaniyl jannata, wa taghfiro liy dzunubiy, fainnahu laa yaghfirud dzunubiy Illa anta.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan hak orang-orang yang meminta kepada-Mu, dengan hak orang-orang yang berharap kepada-Mu dan dengan hak langkahku ini kepada-Mu, bahwa sesungguhnya aku tidak keluar untuk keburukan, tidak pula untuk kekerasan, tidak pula untuk riya' dan tidak juga sum'ahn (mencari ketenaran) tapi aku keluar karena takut akan murka-Mu dan demi mengharap ridha-Mu, maka aku memohon kepada-Mu agar Engkau selamatkan aku dari neraka, dan Engkau masukkan aku ke dalam surga serta Engkau ampuni aku atas segala dosaku, sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement