Senin 19 Jun 2023 17:34 WIB

Keutamaan dan Hikmah Berkurban

Berqurban merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja memberi pakan hewan qurban di salah satu tempat penjualan hewan qurban di Jalan Soekarno Hatta, Cipamokolan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/6/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pekerja memberi pakan hewan qurban di salah satu tempat penjualan hewan qurban di Jalan Soekarno Hatta, Cipamokolan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berqurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan dan hikmah bagi orang yang melaksanakannya.

Keutamaan berqurban terdapat dalam banyak hadits yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Berqurban merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT. Dalam melaksanakan perintah-Nya, seseorang menunjukkan kesetiaan dan kepatuhan terhadap kehendak-Nya.

Baca Juga

Berqurban juga termasuk amalan yang dilakukan oleh para Nabi dan Rasul, seperti Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW. Dengan berqurban, umat Islam mengikuti jejak mereka dan mendapatkan pahala yang besar.

Dalam Alquran diungkapkan seseorang yang berqurban dapat mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketakwaan serta kesalehan diri. Allah SWT berfirman,

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya: “Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah." (QS Al Kausar ayat 2).

Berqurban juga merupakan wujud kepedulian sosial. Dengan berbagi daging qurban kepada yang membutuhkan, seseorang dapat mempererat tali persaudaraan, mengurangi kesenjangan sosial, dan membantu meringankan beban hidup sesama Muslim.

Dalam buku Pentingnya Berkurban, Rhomey Roslyn menjelaskan dilihat dari sisi sosial, ibadah qurban adalah bentuk nyata bagaimana Islam mengatur aspek kemanusiaan, sosial, dan perekonomian umatnya.

Menurut dia, distribusi daging qurban yang merata dan menyeluruh menjadi contoh yang baik dalam menjaga keharmonisan kehidupan sosial umat Islam. “Hal tersebut juga mampu memupuk rasa solidaritas umat, dan rasa kasih sayang antara fakir miskin dengan orang kaya dan mampu,” jelas dia.

Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang berqurban dengan tulus ikhlas. Dalam banyak hadits, Nabi Muhammad SAW menyebutkan pahala berqurban berlipat ganda. Dalam satu riwayat dari Zaid bin Arqam, sahabat berkata:

“Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka bertanya, “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?” Rasulullah SAW menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah SAW menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Salah satu keutamaan besar berqurban adalah penghapusan dosa. Dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda seorang Muslim yang berqurban dengan ikhlas dan tulus akan mendapatkan penghapusan dosa-dosa kecil yang telah lewat.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Al-Bazzar, “Wahai Fatimah, berdirilah di sisi qurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu."

Dengan demikian, berqurban merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Selain memperoleh pahala besar, berqurban juga mengajarkan kesalehan, kedermawanan, dan kepedulian sosial kepada umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement