Senin 19 Jun 2023 14:24 WIB

Viral Pria Dibentak Panji Gumilang, Ini Penjelasan Bakesbangpol Jabar

Panji Gumilang membentak seseorang saat terjadi unjuk rasa di Ponpes Al-Zaytun.

Rep: Arie Lukihardianti/Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Pimpinan Ma'had Al-Zaytun, Panji Gumilang, meminta polisi berjaga di luar pembatas saat akan ada unjuk rasa massa Forum Indramayu Menggugat di depan Ponpes Al-Zaytun, Indramayu, Kamis (15/6/2023).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Pimpinan Ma'had Al-Zaytun, Panji Gumilang, meminta polisi berjaga di luar pembatas saat akan ada unjuk rasa massa Forum Indramayu Menggugat di depan Ponpes Al-Zaytun, Indramayu, Kamis (15/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Rekaman video yang memperlihatkan pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang membentak seorang pria beredar di media sosial. Sempat beredar kabar pria yang dibentak itu merupakan anggota kepolisian. 

Ternyata pria yang dibentak itu merupakan petugas dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat (Jabar). Menurut Kepala Bakesbangpol Provinsi Jabar Iip Hidajat, petugas itu berasal dari Bidang Kewaspadaan Daerah (Wasda).

Baca Juga

“Ya, karena dianggap penyusup dan lain sebagainya. Poin pentingnya kami hadir di sana untuk pengumpulan data,” kata Iip kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Senin (19/6/2023).

Petugas dari Bakesbangpol itu disebut mendapat tugas untuk memantau dan mengumpulkan data saat terjadi aksi unjuk rasa massa dari Forum Indramayu Menggugat di depan Ponpes Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu, Kamis (15/6/2023). Ternyata petugas yang awalnya belum diketahui identitasnya itu kena tegur Panji Gumilang. 

“Ketika ketahuan, ya begitu. Tidak saja sipil kan, tapi TNI, Polri juga bisa saja ketahuan. Tapi, itu risiko yang kita terima. Yang pentingnya negara hadir di situ, ingin mengetahui detailnya seperti apa. Kita lebih ke pelaporan. Kami hanya mengumpulkan data,” kata Iip.

Iip mengaku secara pribadi belum pernah bertemu dan berbincang langsung dengan Panji Gumilang. Bakesbangpol Jabar, kata dia, sejauh ini masih berupaya mengumpulkan data terkait Al-Zaytun.

“Kami melihat begini, situasi antara Al-Zaytun yang didemo dan pendemo, apa yang terjadi di situ, ya kita di situ saja wilayahnya,” ujar Iip.

Penjelasan Polres Indramayu

Dalam rekaman video yang beredar, Panji Gumilang sempat meminta pria yang dibentaknya itu menunjukkan surat tugas. Lalu muncul kabar pria itu merupakan anggota kepolisian.

Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar, melalui video yang diterima Republika pada Sabtu (17/6/2023), mengatakan, pria yang dibentak Panji Gumilang bukan anggota kepolisian. “Melainkan PNS dari Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat. Hal itu berdasarkan pengakuan dan pemeriksaan awal yang dilakukan anggota kami saat di lokasi,” kata Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement