Jumat 16 Jun 2023 10:29 WIB

Mesir Larang Seluruh Anjing, Kecuali 10 Ras Ini

Mesir memiliki ribuan anjing liar, banyak di antaranya telah menyerang orang.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Mesir Larang Seluruh Anjing, Kecuali 10 Ras Ini
Foto: pixabay
Mesir Larang Seluruh Anjing, Kecuali 10 Ras Ini

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Mesir baru saja mengesahkan undang-undang kontroversi yang melarang semua anjing berada di Mesir kecuali 10 ras.

Selain 10 ras yang diizinkan, maka pihak berwenang akan menyita anjing itu. Anjing ras Labrador dan Cocker Spaniels termasuk yang diizinkan.

Baca Juga

Pada Mei, Dewan Perwakilan Rakyat Mesir menyetujui RUU yang mengatur kepemilikan anjing dan hewan berbahaya termasuk menjatuhkan denda kepada siapa pun yang membawa anjing ke tempat umum tanpa lisensi dan 10 tahun penjara bagi siapa saja yang menyerang orang lain dengan hewan atau anjing berbahaya.

Dilansir dari Middle East Monitor, Jumat (16/6/2023), pemilik anjing harus membayar antara 32 dolar AS (Rp 478 ribu) dan 1.600 dolar AS (Rp 23,8 juta) untuk mendaftarkan hewan mereka dan memasang label logam di kerah mereka.

Pada Maret, seekor pit bull di Sheikh Zayed City menyerang seorang pria yang tinggal di kompleks perumahan hingga memutuskan tendon, saraf, dan membuatnya koma. Mohamed Moheb, merupakan seorang bankir, akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Menurut laporan media lokal, anjing itu sebelumnya menyerang tetangga lain di kompleks perumahan yang sama. Pada saat itu, beberapa pengguna media sosial mendesak peraturan yang lebih ketat tentang anjing.

 

Sementara yang lain menyerukan peraturan yang lebih baik agar pemilik bertanggungjawab bagaimana mengajarkan anjing mereka.

Mesir memiliki ribuan anjing liar, banyak di antaranya telah menyerang orang. Pada 2021, 11 orang dibawa ke rumah sakit untuk perawatan setelah dianiaya oleh seekor anjing.

Pada 2019, Kementerian Kesehatan dan Kependudukan Mesir melaporkan 6.241 kasus orang dirawat di rumah sakit dalam empat bulan. Anjing menjadi semakin populer sebagai hewan peliharaan di Mesir. Pengusaha real estat terkenal, Hassan Morsedy, bahkan telah membuat akun instagram untuk pengganggu mikronya, jenis yang tidak ada dalam daftar yang disetujui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement