Kamis 25 May 2023 16:37 WIB

Doa Agar Mendapatkan Rumah yang Indah di Surga dan 3 Amalan yang Dianjurkan

Allah SWT menyiapkan rumah indah di surga kelak.

Rep: Imas Damayanti, Rossi Handayani   / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Surga. Allah SWT menyiapkan rumah indah di surga kelak
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Allah SWT menyiapkan rumah indah di surga kelak

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Sebagai adab, kesopanan, dan permohonan kepada Allah SWT, umat Islam selalu diimbau untuk menghaturkan doa. Salah satu doa yang perlu dibaca adalah doa agar Allah memberikan bangunan indah di surga.

Dalam buku Kumpulan Doa-Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan doa agar Allah  SWT memberikan bangunan indah di surga. Berikut lafalnya:

Baca Juga

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظظَّالِمِينَ

"Robbi -ibni liy indaka baitan fil jannati wa najjiniy min firauna wa amalihi wa najjiniy minal qaumi azzhaalimin." 

Yang artinya, "Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim."

Jika ibadah digambarkan ke dalam struktur tubuh manusia, doa merupakan bagian otaknya ibadah. Doa berperan merencanakan, memulai, dan mengevaluasi. Saat seseorang hendak melakukan pekerjaan dengan berdoa, berarti dia sedang merencanakan sesuatu. 

Hal ini juga serupa jika doa diibaratkan dengan sebuah pekerjaan yang mendapatkan imbalan.

Seseorang yang melakukan pekerjaan pada sebuah perusahaan tentunya akan mendapatkan imbalan atas pekerjaannya. Orang yang berdoa pun akan mendapatkan imbalan, baik imbalan pahala atas apa yang dikerjakan ataupun imbalan berupa terkabulnya doa. 

Kesimpulannya, doa merupakan bagian dari ibadah. Makin banyak doa dipanjatkan maka makin banyak imbalan atau pahala yang akan didapatkan.

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Amalan berbalas rumah di surga

Seorang Muslim memiliki kesempatan untuk dibangunkan rumah di surganya Allah SWT melalui amalan yang mereka lakukan. Hal itu telah disampaikan Rasulullah ﷺ semasa hidupnya.

Dikutip dari laman Saaid pada Sabtu (27/2), berikut sejumlah amalan yang berbuah rumah di surga. Di antaranya adalah tiga hal berikut: 

1. Turut membangun masjid. Nabi  ﷺ bersabda: 

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ "Barang siapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga" (HR Bukhari dan Muslim).

2. Membantu kesulitan sesama Muslim. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ سَدَّ فُرْجَةً بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي الجَنَّةِ وَرَفَعَهُ بِهَا دَرَجَةً "Barang siapa yang menutupi suatu celah (dalam shaf), niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena hal tersebut dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga" (HR Al-Muhamili).

3. Berdoa saat hendak masuk pasar. Rasulullah bersabda:   

دعاء دخول السوق: قال عليه الصلاة والسلام: من دخل السوق فقال: لا إله إلا الله وحده لا .شريك له، له الملك، وله الحمد، يحيي ويميت، وهو حي لا يموت بيده الخير، وهو على كل شيء قدير، كتب الله له ألف ألف حسنة، ومحا عنه ألف ألف سيئة، ورفع له ألف ألف درجة، وبنى له بيتا في الجنة

“Barang siapa masuk pasar lalu ia mengucapkan, "Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu," niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat". Dan Allah membangunkan baginya rumah di surga" (HR Ahmad).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement