Rabu 24 May 2023 00:03 WIB

Berkah Luar Biasa Berkesempatan Berangkat Haji Tahun ini

Calon jamaah haji dari Sukabumi akan berangkat ke embarkasi pada 6 Juni 2023.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pemberangkatan jamaah haji.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi pemberangkatan jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 250 calon jamaah haji asal Kota Sukabumi mengikuti acara Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Sukabumi yang Tahun 1444 H/2023 di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi, Senin (22/5/2023) lalu. Kegiatan manasik haji ini dalam mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji dengan baik.

Selain wali kota hadir pula Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto yang akan berangkat haji dan Kepala Kemenag Kota Sukabumi Samsul Fuad dan Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi. '' Bersyukur bapak ibu mendapatkan undangan dari Allah dan menyadari benar bahwa ibadah haji salah satu ibadah yang dirindukan kaum muslimin, tetapi tidak setiap orang diberikan takdir untuk melaksanakan ibadah haji,'' kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Selasa (23/4/1023).

Baca Juga

Sebab hanya orang pilihan yang bisa berangkat langsung ke Baitullah. Khususnya bagi mereka yang memiliki kemampuan dan betul-betul orang pilihan yang melaksanakan ibadah haji. Contoh sederhana banyak waiting list yang cukup panjang.

Sehingga kata Fahmi, mari persiapkan ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Karena belum tentu semua bisa kembali beribadah haji karena sulit mendapatkan kesempatan ibadah haji.

'' Jangan sampai ibadah yang dilakukan terganggu karena urusan duniawi,'' pesan wali kota. Sehingga pemda menyampaikan terimakasih kepada Kemenag atas dukungan manasik haji dan kuatkan pengetahuan kembali dengan rombongan KBIH.

Fahmi menerangkan pada tanggal 6 Juni 2023 insyaAllah jamaah haji asal Kota Sukabumi diberangkatkan. Sehingga pemda menyiapkan pendampingan kebutuhan para jamaah ran membantu semaksimal mungkin.

Termasuk, petugas kesehatan pendampingan jamaah. Harapannya semakin banyak haji kota akan diberkahi.

Dukungan pemda seperti sarana prasarana akan sangat maksimal. '' Doakan Kota Sukabumi dalam menjaga keberkahan perbanyak ibadah sunah dan siapkan diri,'' kata dia. Terakhir smeoga Allah berikan kemudahan dan kelancaran dalam rangkaian ibadah haji.

'' Para jamaah haji Kota Sukabumi tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 38 embarkasi Jakarta-Bekasi akan diberangkatkan pada 6 Juni 2023,'' ujar Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi Abdul Manan. Kloter ini merupakan bagian dari gelombang pertama jamaah haji Indonesia dan akan mendarat di Madinah terlebih dahulu sebelum diberangkatkan ke Makkah.

Menurut Manan, sesuai dengan jadwal calon jamaah haji akan berangkat ke embarkasi pada 6 Juni 2023. Dalam proses pemberangkatan 250 orang calon jamaah haji Kota Sukabumi sejauh ini berjalan lancar.

Misalnya seperti dengan telah dilunasinya Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH). Selain itu dokumen keberangkatan lainnya.

Di sisi lain, Kantor Kemenag Kota Sukabumi menggelar pelatihan yang diikuti oleh para Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) jemaah haji pada hari Jumat (19/5/2023) lalu di Ruang Pertemuan Kemenag. '' Momen ini untuk meningkatkan pengetahuan, profesionalisme dan tanggungjawab para Karu dan Karom saat memimpin jamaah melaksanakan ibadah haji,'' kata Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi, Samsul Puad.

Ia pun mengingatkan mereka untuk bersikap proaktif ketika melayani jamaah. Sehingga proses ibadah haji berjalan dengan lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement