Rabu 24 May 2023 03:47 WIB

Baznas Temanggung Salurkan Bantuan Puluhan Domba

Bantuan di bidang peternakan lebih mudah berkembang dan pemeliharaannya murah.

Baznas pada 2023 telah menyiapkan 20 lokasi sebagai penerima bantuan ternak domba.  (ilustrasi).
Foto: Baznas
Baznas pada 2023 telah menyiapkan 20 lokasi sebagai penerima bantuan ternak domba. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan puluhan domba sebagai modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua Baznas Kabupaten Temanggung Manshur Asnawi di Temanggung, Selasa, mengatakan bahwa sasaran yang mendapat bantuan ini adalah warga yang tinggal di daerah potensial untuk pengembangan domba. Menurut dia, bantuan di bidang peternakan tersebut dinilai lebih mudah berkembang dengan biaya pemeliharaan yang murah.

Ia menyebutkan, sebanyak 30 domba diterima 10 warga di Desa Sunggingsari, Kecamatan Parakan. Bantuan ternak kambing diharapkan dapat memberi efek pemberdayaan ekonomi keluarga bagi para penerima.

Manshur mengatakan, Baznas pada 2023 telah menyiapkan 20 lokasi sebagai penerima bantuan ternak domba. Masing-masing lokasi akan menerima bantuan 30 domba. Satu penerima bantuan mendapat tiga domba untukdikembangbiakkan.

"Syaratnya, bantuan kambing ini harus dikembangkan, bukan untuk dijual. Jadi nanti yang boleh dijual itu anaknya untuk biaya pendidikan, baik pendidikan di ponpes maupun pendidikan formal," katanya.

Seorang penerima bantuan, Sumardi, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi upaya Baznas Kabupaten Temanggung untuk menunjang perekonomian masyarakat kecil, karena ternak domba ini mudah dijual.

Selain itu, beternak domba juga mudah dalam pemeliharaan karena di daerahnya banyak pakan ternak. "Bantuan ini untuk modal usaha, mudah-mudahan nanti dapat berkembang biak dengan baik sehingga dapat menambah penghasilan kami," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement