Jumat 19 May 2023 09:38 WIB

Rusia Gelar Halal Expo di Sela KTT Rusia-Dunia Islam di Kazan

Pameran tampilkan produk dan layanan halal untuk promosikan industri halal di Rusia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
usia menggelar Russia Halal Expo 2023 di sela-sela perhelatan 14th International Economic Summit: Russia-Islamic World: Kazan Forum 2023
Foto: AP Photo
usia menggelar Russia Halal Expo 2023 di sela-sela perhelatan 14th International Economic Summit: Russia-Islamic World: Kazan Forum 2023

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAN – Rusia menggelar Russia Halal Expo 2023 di sela-sela perhelatan 14th International Economic Summit: Russia-Islamic World: Kazan Forum 2023, Kamis (18/5/2023). Pameran tersebut menampilkan berbagai macam produk dan layanan halal untuk mempromosikan industri halal di Rusia.

Selain mempromosikan industri halal, Russia Halal Expo 2023 bertujuan meningkatkan hubungan komersial, ekonomi, serta sosial antara Moskow dan negara-negara Muslim. “Slogan kami adalah kepercayaan dan kerja sama yang telah menjadi faktor penting dalam pengembangan hubungan antara Rusia dan negara-negara Muslim tidak hanya di bidang ekonomi tetapi juga dalam keragaman semua proyek kerja sama yang benar-benar mewujudkan kemitraan strategis kami,” kata Wakil Perdana Menteri Rusia Marat Khusnullin dalam pidato sambutannya, dikutip Anadolu Agency.

Khusnullin diketahui turut menjabat sebagai ketua the Organizing Committee of the International Economic Forum. Menurut dia, tingginya partisipasi dalam Russia Halal Expo 2023 menegaskan bahwa Rusia dan negara-negara Islam terikat oleh simpul persahabatan yang kuat dan saling menghormati.

Khusnullin mengungkapkan, perdagangan antara Rusia dan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam telah tumbuh hampir 30 persen dalam tiga tahun terakhir. Dia menilai, hal itu sejalan dengan penguatan hubungan antar negara yang mengikuti Kazan Forum.

Saat menyampaikan pidato pembukaan 14th International Economic Summit: Russia-Islamic World: Kazan Forum 2023, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, Moskow siap menjalin kerja sama erat dengan dunia Islam. “Kami siap bekerja sama erat dengan teman-teman kami dari dunia Muslim serta dengan semua mitra lain yang memiliki kepentingan yang sama dalam memperkuat landasan hukum dan demokrasi kehidupan internasional,” kata Lavrov dalam pidatonya Kamis lalu, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Dia mengungkapkan, Rusia secara tradisional mengembangkan hubungan persahabatan dengan mayoritas negara Muslim. “Kita dipersatukan oleh komitmen untuk membangun kerja sama antar-negara berdasarkan prinsip kesetaraan, saling mempertimbangkan kepentingan, dan mencari keseimbangan kepentingan,” ucapnya.

Lavrov menekankan, Rusia selalu secara konsisten mendukung keragaman budaya dan peradaban masyarakat dunia, termasuk hak alami mereka untuk menentukan jalur pembangunannya masing-masing. “Kita memegang posisi yang sama atau sangat dekat pada sebagian besar masalah utama di zaman kita, dan kita bekerja sama secara produktif di PBB dan platform multilateral lainnya," katanya.

International Economic Summit: Russia-Islamic World diselenggarakan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, ekonomi, sains dan teknologi, serta mempromosikan hubungan sosial-budaya antara Rusia dan dunia Islam. Di KTT ke-14 yang digelar di Kazan, terdapat lebih dari 200 acara, termasuk 140 pertemuan tematik.

Perwakilan organisasi-organisasi internasional, lembaga publik dan keuangan, pejabat dari kedutaan-kedutaan, anggota parlemen, investor serta pengusaha menghadiri pertemuan tersebut. Panel ahli akan membahas pembiayaan syariah, industri halal, kerja sama internasional, logistik, industri, pembangunan berkelanjutan, pendidikan, olahraga, teknologi telekomunikasi, inovasi, usaha kecil-menengah, serta lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG).

International Economic Summit: Russia-Islamic World Forum menawarkan kepada peserta komunitas bisnis kesempatan menemukan mitra perdagangan, keuangan dan teknologi, menjangkau pasar baru, serta menarik investasi baru. Acara yang dihadiri sekitar 6.000 delegasi dari 64 negara pada tahun 2022 itu juga bakal menampilkan pameran "Russia Halal Expo" dan "Russia Halal Market".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement