Senin 15 May 2023 08:11 WIB

Alumni Pesantren Dea Malela Optimistis Lanjutkan Studi ke Universitas Luar Negeri

Santri Pesantren Dea Malela dibiasakan berbahasa Inggris dan Arab.

Prosesi wisuda Pesantren Dea Malela Sumbawa
Foto: Dea Malela
Prosesi wisuda Pesantren Dea Malela Sumbawa

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA — Tak ada kata menyerah dalam belajar. Sebesar apa pun rintangan yang ada, harus dihadapi. Bagaimana pun kesulitan yang ada harus diselesaikan. Begitulah optimisme santri-santri Pesantren Dea Malela Sumbawa pimpinan Prof Dr Din Syamsuddin menghadapi tantangan kelanjutan belajar mereka di masa yang akan datang.

Sebagian siswa optimistis dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri. Ada yang sudah apply mendaftar studi ke Yale University, Fathoni University, Universitas Dakwah di Tripoli Libya, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Baca Juga

“Lanjutkan studi kalian ke jenjang yang lebih tinggi. Terus sampai ada yang meraih gelar profesor di usia muda,” kata Ketua umum PP Muhammadiyah 2005-2015 dalam sambutannya pada Senin (15/5/2023).

Ada 15 santri dan 11 santriwati yang akan terjun ke masyarakat. Mereka menempuh studi selama tiga hingga enam tahun di SMA pesantren yang menginduk kepada Muadalah KMI Pondok Modern Darussalam Gontor tersebut.

Nilai tertinggi lulusan kali ini mencapai 94,5. Peraihnya adalah Muhammad Adrian Firdaus dari Sumbawa. 

Hafalan Alquran terbanyak mencapai 7 juz. Penghafalnya adalah Dienul Hakim dari Sumbawa. Berikutnya ada M Farid Jihadil Akbar dari lombok yang hafal 4 juz Alquran.

Adapun santriwati berprestasi tahun ini adalah sebagai berikut. 

Lihat halaman berikutnya>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement