Kamis 11 May 2023 05:20 WIB

Tujuh Komitmen Melaksanakan Haji Ramah Lansia

Jamaah haji tahun ini didominasi kalangan Lansia.

Ilustrasi jamaah haji.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berkomitmen, akan meningkatkan pelayanan haji ramah bagi lanjut usia (lansia) tahun 1444 H/2023.

Kepala Kemenag Sulawesi Utara, Sarbin Sehe, mengatakan hal ini sejalan dengan upaya Kemenag pusat yang dipimpin langsung oleh Dirjen PHU Kementerian Agama RI, Hilman Latief.

Baca Juga

Kakanwil mengatakan, ada tujuh poin penting yang menjadi komitmen bersama yang harus dilakukan untuk menjamin dan memastikan pelayanan terbaik kepada jamaah, khususnya jamaah haji lansia.

Pertama, menurut dia, mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia terkait dengan pelaksanaan program Haji Ramah Lansia pada tahun 1444 H/2023 M.

Kedua, membuat program manasik haji dan umrah yang mendukung terhadap kenyamanan dan kesahihan pelaksanaan ibadah jamaah haji lansia.

Ketiga, melakukan pembinaan manasik haji dan umrah yang menekankan sisi-sisi kemudahan (rukhsah) kepada jamaah haji lansia.

Keempat, membantu dan memfasilitasi pelaksanaan ibadah haji jamaah lansia, baik di tanah air, dalam perjalanan, maupun di Arab Saudi.

Kelima, meniadakan segala aktivitas yang menyebabkan kelelahan dan memperburuk kondisi kesehatan jamaah haji lansia.

Keenam, menanamkan kesadaran kepada seluruh jamaah haji KBIHU tentang pentingnya memiliki sifat kepedulian dan empati kepada jamaah haji lansia.

Ketujuh, sosialisasikan butir-butir komitmen layanan jamaah haji lansia kepada seluruh KBIHU yang berada di wilayah kami.

Kakanwil meminta kepada para petugas haji dan semua yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sungguh-sungguh memegang teguh komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah khususnya haji lansia.

"Saya meminta kepada semua petugas haji dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji tahun ini untuk memegang teguh komitmen bersama di atas dan melaksanakannya dengan penuh empati dan tanggung jawab," kata Kakanwil.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement