Sabtu 06 May 2023 17:45 WIB

Bangun Ekonomi dan Pendidikan Umat, Erick Tegaskan Harus Menjaga Indonesia dan Islam

Erick ingatkan sebagai negara mayoritas muslim maka wajib membangun ekonomi umat

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri BUMN Erick Thohir berikan sambutan saat Harlah dan Rakernas PB Al-Khairiyah di Gedung MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2023).
Foto: Dok Rep
Menteri BUMN Erick Thohir berikan sambutan saat Harlah dan Rakernas PB Al-Khairiyah di Gedung MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan jika mau menjaga Indonesia, maka haruslah menjaga Islam. Hal yang diungkapkan pada Peringatan Harlah dan Rapat Kerja Nasional Al-Khairiyah yang berlangsung di Gedung Nusantara IV MPR/DPR, Jakarta, Sabtu (6/5) itu ditujukan Erick dalam konteks untuk membangun ekonomi umat demi mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

"Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia sudah seharusnya membangun ekonomi umat. Hal ini sama ketika kita membangun UMKM sebagai sendi ekonomi seluruh rakyat Indonesia. Membangun ekonomi keumatan menjadi komitmen pemerataan sehingga dengan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan umat, maka kita akan mampu mengentaskan kemiskinan," jelas Erick Thohir.

Dalam kapasitas sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick menambahkan bahwa keberpihakan kepada ekonomi umat Islam akan selalu menjadi tujuan akhir demi kemakmuran umat. Oleh karena itu, menurutnya, penggabungan bank-bank syariah di BUMN ke dalam Bank Syariah Indonesia (BSI) yang sudah berjalan selama dua tahun menjadi bagian penting demi mewujudkan tujuan tersebut.

"Keberpihakan kepada ekonomi umat melalui BSI itu sesuai dengan arahan Wapres, KH Ma'ruf Amin. Dan terbukti, setelah dua tahun bergabung, jika di awal menempati peringkat tujuh bank terbesar di Indonesia, kini sudah berada di peringkat enam. Ini artinya, BSI mengambil peran besar dalam mensejahterakan ekonomi umat sekaligus solusi untuk kemiskinan," lanjutnya.

 

Erick tak lupa menegaskan pentingnya umat Islam untuk kembali menomorsatukan pendidikan agar mayoritas yang ada tidak hanya menjadi buih. Tapi mampu mengubah dirinya menjadi ombak yang besar dan memberikan pengaruh nyata bagi kemajuan bangsa.

"Pendidikan itu kunci. Dulu ratusan tahun yang lalu, umat Islam sangat progresif di bidang ilmu matematika dan astronomi. Maka dari itu harus dikembalikan lagi kedigdayaan umat di bidang pendidikan. Kita harus terus ikhtiar agar pendidikan dan ekonomi menjadi kekuatan umat Islam di negeri ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement