Kamis 27 Apr 2023 08:57 WIB

Polisi dan FBI Kerja Sama Selidiki Kebakaran di Masjid Minneapolis

Terjadi dua kebakaran di masjid Minneapolis dalam rentang 24 jam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
FBI. Polisi-FBI Kerja Sama Selidiki Kebakaran di Masjid Minneapolis
Foto: AP
FBI. Polisi-FBI Kerja Sama Selidiki Kebakaran di Masjid Minneapolis

REPUBLIKA.CO.ID, MINNEAPOLIS -- Departemen Kepolisian Minneapolis (MPD) bermitra dengan FBI menyelidiki kemungkinan motif bias di balik upaya pembakaran di masjid Minneapolis, Ahad (23/4/2023). Pihak berwenang juga sedang menyelidiki kebakaran yang terjadi di masjid lain, jaraknya kurang dari satu mil, Senin (24/4/2023) malam.

Direktur Eksekutif CAIR-Minnesota Jaylani Hussein menyebut, insiden yang terjadi akhir pekan itu menandai serangan ketiga yang diketahui terjadi di sebuah masjid di Minnesota tahun ini. Ia pun menyebut tidak ingin akibat kejadian ini komunitas Muslim setempat menjadi takut dan tidak datang ke masjid atau berperilaku sangat berbeda.

Baca Juga

"Apa yang kami ingin mereka lakukan adalah lebih waspada,  kami ingin mereka meningkatkan keamanan. Dan kami ingin mereka menyadari kita berada di bawah ancaman," kata dia dikutip di Twin Cities, Kamis (27/4/2023).

Umat Muslim disebut melihat kebakaran terjadi di kamar mandi di Masjid Omar Islamic Center, yang terletak di lantai dua Mal 24 di Minneapolis selatan. Menurut rekaman video pengawas, hal ini terjadi tidak lama setelah seorang pria bertopeng masuk dengan kantong kertas besar.

 

Tokoh masyarakat menuduh kantong kertas itu berisi wadah besar berisi cairan yang mudah terbakar. Pria yang tertangkap kamera ini terlihat mengenakan hoodie hitam dan celana jeans biru muda.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement