Jumat 21 Apr 2023 16:57 WIB

Ganjar Pranowo Nyapres, Partai Buruh Klaim Sesuai Harapan

Nama Ganjar Pranowo menguat di internal Partai Buruh sebagai Capres RI 2024

Rep: Ali Mansur/ Red: Erdy Nasrul
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Ganjar Pranowo saat deklarasi Calon Presiden dari PDIP di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). PDIP resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres pada Pemilu 2024.
Foto: Agus Suparto
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Ganjar Pranowo saat deklarasi Calon Presiden dari PDIP di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). PDIP resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres pada Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Buruh mengucapkan selamat atas terpilihnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden oleh PDI Perjuangan. Dipilihnya Ganjar diklaim sejalan dengan Partai Buruh yang menjaring empat nama sebagai calon presiden. Keempat itu adalah Ganjar Pranowo, Said Iqbal, Najwa Shihab, dan Anies Baswedan.

"Dari keempat nama tersebut, dalam Rakernas Partai Buruh nama Ganjar Pranowo menempati urutan pertama dukungan terbanyak dari 38 provinsi, 457 kab/kota, serta 4.626 kecamatan di seluruh Indonesia yang terdapat kepengurusan Partai Buruh," ujar Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dalam keterangannya, Jumat (21/4).

Baca Juga

Oleh karena itu, Partai Buruh berpendapat, terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai Capres Republik Indonesia tahun 2024 adalah sesuatu yang diharapkan terjadinya perubahan nasib kelas pekerja yang meliputi buruh pabrik, buruh kantoran, buruh perempuan, petani, nelayan, miskin kota, miskin desa, buruh migran, guru, honorerz perawat, sopir, pelaut, millenial, dan lain sebagainya.

"Pada tanggal 1 Mei 2023 saat peringatan May Day, nama Ganjar Pranowo pun akan ditanyakan langsung kepada ratusan ribu buruh peserta May Day Fiesta 1 Mei 2023 di Jakarta," kata Said Iqbal.

Namun demikian, Said Iqbal menegaskan, keputusan Partai Buruh masih akan menunggu hasil konvensi. Nama Ganjar Pranowo menguat di internal Partai Buruh sebagai Capres RI 2024 dengan dukungan lebih dari 20 provinsi. Oleh karena itu, dalam konvensi Capres 2024 oleh Partai Buruh, nama Ganjar Pranowo sebagai Capres juga akan mewarnai pelaksanaan konvensi.

"Tentu isu tentang upah layak, outsourcing, PHK, tanah untuk petani, solar untuk nelayan, kesejahteraan guru dan tenaga honorer, serta membangun negara kesejahteraan menjadi harapan kelas pekerja yang dapat dituangkan dalam kebijakan Ganjar Pranowo bilamana terpilih sebagai Presiden," tega Said Iqbal.

Sebelumnya, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 dari PDIP. Ganjar selama ini menjadi yang terpopuler di berbagai survei nasional. 

"Menetapkan Ganjar Granowo yang saat ini sebagai gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati saat mengumumkan nama tersebut secara daring, Jumat (21/4/2024) siang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement