PT KAI Tambah Rangkaian KA Sindang Marga Antisipasi Lonjakan Penumpang

Red: Fuji Pratiwi

Senin 17 Apr 2023 15:31 WIB

Pemudik kereta api berjalan menuju gerbong kereta api Serello tujuan Palembang-Lubuklinggau di Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (15/4/2023). PT KAI Divre III Palembang menambah rangkaian kereta untuk KA Sindang Marga pada keberangkatan 17 April hingga 24 April 2023 sebagai antisipasi lonjakan penumpang. Foto: Antara/Nova Wahyudi Pemudik kereta api berjalan menuju gerbong kereta api Serello tujuan Palembang-Lubuklinggau di Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (15/4/2023). PT KAI Divre III Palembang menambah rangkaian kereta untuk KA Sindang Marga pada keberangkatan 17 April hingga 24 April 2023 sebagai antisipasi lonjakan penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- PT KAI Divre III Palembang menambah rangkaian kereta untuk KA Sindang Marga pada keberangkatan 17 April hingga 24 April 2023 sebagai antisipasi lonjakan penumpang.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti di Palembang, Sumatra Selatan, Senin (17/4/2023), menjelaskan, mulai 17 April sampai dengan 24 April ditambahkan satu kereta K1 (Eksekutif) dan satu kereta K2 (Bisnis) dengan pengaturan untuk tanggal ganjil.

Baca Juga

"KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuk Linggau ditambah satu K1 dan ditanggal genap ditambah satu K2. Sebaliknya untuk KA Sindang Marga relasi Lubuklinggau-Kertapati untuk tanggal ganjil ditambah satu K2 dan tanggal genap satu K1 sehingga dengan penambahan ini jumlah ketersediaan tiket selama masa angkutan lebaran menjadi 53.268," jelasnya.

Aida mengatakan, untuk tiket kereta api di Divre III Palembang hingga 17 April 2023, yang terjual sudah 48.479 atau 91 persen dari total tempat duduk yang tersedia.

Untuk KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dan KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) masih menjadi pilihan masyarakat yang akan mudik, sampai 2 Mei 2023 sudah terjual.

Okupansi KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau sampai tanggal 21 April sudah terjual 100 persen. Aida mengimbau masyarakat yang akan menggunakan kereta api, tapi belum memiliki tiket untuk segera merencanakan perjalanannya menyesuaikan tanggal keberangkatan, yang masih tersedia tiketnya atau mencari alternatif transportasi lain.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada calon penumpang agar tidak membawa barang yang berlebihan yang serta menjaga barang bawaan agar jangan sampai tertinggal di ruang tunggu stasiun ataupun di dalam kereta. Selain itu, tetap disiplin protokol kesehatan dan memperhatikan syarat-syarat perjalanan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami berharap agar seluruh masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api untuk mematuhi syarat-syarat Perjalanan yang telah ditetapkan agar mudik ini menjadi mudik yang aman dan berkesan," ujarnya.