Minhaj ul Quran Manchester Umumkan Idul Fitri pada 21 April 2023

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 15 Apr 2023 14:24 WIB

Lampu merayakan festival Ramadhan Muslim ditampilkan di West End London, Inggris (23/3/2023). Lampu Ramadan pertama di London telah dipasang di Piccadilly Circus yang menampilkan 30.000 lampu ramah lingkungan. Inisiatif ini dipimpin oleh organisasi nirlaba Ramadan Lights UK. Area West End akan menyala selama bulan Ramadan. Minhaj ul Quran Manchester Umumkan Idul Fitri pada 21 April 2023 Foto: EPA-EFE/NEIL HALL Lampu merayakan festival Ramadhan Muslim ditampilkan di West End London, Inggris (23/3/2023). Lampu Ramadan pertama di London telah dipasang di Piccadilly Circus yang menampilkan 30.000 lampu ramah lingkungan. Inisiatif ini dipimpin oleh organisasi nirlaba Ramadan Lights UK. Area West End akan menyala selama bulan Ramadan. Minhaj ul Quran Manchester Umumkan Idul Fitri pada 21 April 2023

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Minhaj ul Quran Manchester di Inggris memutuskan menetapkan Idul Fitri 1444 Hijriyah pada Jumat, 21 April 2023. Pengumuman penetapan 1 Syawal diberitahukan seminggu lebih awal untuk menghindari kesalahpahaman.

Minhaj ul Quran adalah organisasi Muslim yang diakui dunia dan memiliki lokasi di barat laut dan Yorkshire. Saat ini hanya cabang Manchester yang mengumumkannya.

Baca Juga

“Hari ini, kami telah secara resmi mengumumkan Idul Fitri dan seperti tahun-tahun sebelumnya, ada kesalahpahaman di antara masyarakat tentang tanggal tersebut,” kata sebuah pernyataan masjid Manchester dilansir dari The Oldham Times, Sabtu (15/4/2023).

“Kami di Minhaj ul Quran Manchester mengikuti kelahiran bulan untuk menentukan Idul Fitri dan bukan penampakan fisiknya. Kami telah secara resmi mengumumkan tanggal Idul Fitri di Kalender Ramadhan kami satu bulan yang lalu dan di kalender tahunan kami di awal tahun. Menurut data ilmiah di sini adalah waktu kelahiran dan hilangnya bulan pada Kamis, 20 April.”

Minhaj ul Quran Manchester selanjutnya menjelaskan bulan baru akan terlihat selama 44 menit di ufuk Inggris setelah matahari terbenam. Menurut Ulama, bulan harus tersedia di ufuk Inggris selama 5 menit setelah Magrib (sholat magrib), namun pada tanggal 20 bulan akan berada di Inggris selama 44 menit.

“Oleh karena itu, kami memutuskan hari yang tepat untuk Idul Fitri adalah Jumat, 21 April,” kata pernyataan itu.

Masjid Manchester tidak sendirian dalam membuat pengumuman ini. Scottish Hilal Forum (SHF) telah mengumumkan tanggal dimulainya Ramadhan dan Idul Fitri pada bulan Februari. Komentator Media, Mohammed Shafiq memposting beberapa pembaruan terkait pengumuman tersebut semalam.

Pemerintah Inggris mengambil langkah tahun ini untuk memposting pembaruan bagi mereka yang tertarik dengan bulan baru di tautan. “Bulan baru terjadi pada hari Kamis, 20 April 2023 pukul 04:13 UT atau 05:13 BST. Penglihatan teleskopik bulan sabit dengan teleskop kecil berukuran amatir konvensional dimungkinkan dari bagian paling timur laut Kanada dan bagian utara Amerika Selatan pada 20 April.”

“Bantuan optik mungkin diperlukan untuk menemukan bulan sabit pada hari yang sama dari wilayah Karibia selatan, bagian timur laut Amerika Utara, bagian barat laut Amerika Selatan, dan Polinesia selatan.”

“Penampakan mata telanjang dalam kondisi yang sangat baik pada hari yang sama dimungkinkan dari wilayah Karibia utara, Amerika Tengah, dan bagian selatan dan barat Amerika Utara. Penampakan yang mudah dimungkinkan dari Polinesia utara termasuk Kepulauan Hawaii.”

Pada Jumat tanggal 21 April, mayoritas penduduk dunia seharusnya dapat dengan mudah melihat bulan sabit dengan satu atau dua pengecualian yang sangat kecil di belahan bumi selatan. Penampakan dengan mata telanjang kemungkinan besar terjadi hampir secara global pada Jumat, 21 April, Sabtu, 22 April dan Ahad, 23 April.

“Bagi para pengamat di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Inggris, penampakan bulan sabit yang mudah dapat dilakukan dengan mata telanjang pada Jumat 21 April, Sabtu 22 April, dan Ahad April.”

Terpopuler