Sabtu 15 Apr 2023 08:10 WIB

Lailatul Qadar, Ini Ayat dan Hadits Nabi SAW tentang Malam yang Lebih Baik dari 1000 Bulan

Malam Lailatul Qadar adalah lebih baik dari 1000 bulan di dunia

Umat muslim menunaikan Shalat Qiyamul Lail saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1444 H di Masjid Habiburrahman, Jalan Kapten Tata Natanegara, Cicendo, Kota Bandung, Rabu (12/4/2023) dini hari. Pada sepuluh hari menjelang berakhirnya Bulan Suci Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud dan berdzikir.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat muslim menunaikan Shalat Qiyamul Lail saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1444 H di Masjid Habiburrahman, Jalan Kapten Tata Natanegara, Cicendo, Kota Bandung, Rabu (12/4/2023) dini hari. Pada sepuluh hari menjelang berakhirnya Bulan Suci Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud dan berdzikir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kita telah sampai pada pengujung Ramadhan. Di momen ini, terdapat malam yang sungguh istimewa, yaitu Lailatul Qadar. Saking istimewanya, Alquran mengabadikan malam ini dalam satu surat khusus, surat ke-97, Al Qadr. 

Alquran menyebut malam tersebut lebih baik dibanding 1000 bulan. Pasukan malaikat beserta Jibri berebut "turun" mengucap salam bagi hamba yang menghidupkannya sampai fajar menyingsing. 

Baca Juga

Namun, dalam Alquran, hanya sedikit petunjuk mengenai kapan terjadinya malam mulia Lailatul Qadar. Firman Allah SWT berikut: 

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ  “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada Lailatul Qadar.” (QS Al Qadr [97] ayat 1) 

Ayat di atas, mengenai kapan turunnya Alquran oleh ahli tafsir sering dihubungkan dengan ayat 185 surat Al Baqarah: 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ...

“Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS Al-Baqarah [2]: 185) 

Karena berdasarkan ayat-ayat Alquran di atas, bahwa Alquran Allah SWT turunkan di malam Lailatul Qadar dan di ayat lain Allah SWT jelaskan bahwa Alquran diturunkan pada Ramadhan, ulama menyimpulkan bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada Ramadhan. 

 

Bahkan, Fakhruddin al-Razy dalam kitab tafsirnya //Mafatihul Ghaib// mengutip pendapat sahabat Ibnu Umar yang menyatakan lailatul qadar mesti terjadi di bulan Ramadhan dan tidak mungkin terjadi pada bulan selain Ramadhan.  

Pertanyaannya kemudian, pada malam Ramadhan yang mana Lailatul Qadar tiba? Terkait itu, dapat kita lacak pada hadits-hadits Nabi SAW sebagai penjelas Alquran.  

Terdapat beberapa riwayat hadits mengenai kapan lailatul qadar tiba. Salah satunya riwayat yang menjelaskan secara umum bahwa Lailatul Qadar terjadi di antara 10 malam terakhir Ramadhan. 

 عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَيَقُولُ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ 

Dari 'Aisyah, ia berkata, "Rasulullah ﷺ senantiasa beriktikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadan dan beliau bersabda, 'Raihlah malam Lailatul Qadar pada sepuluh hari terakhir.'" (HR Tirmidzi no 712) 

Baca juga: Yang Terjadi Terhadap Tentara Salib Saat Shalahuddin Taklukkan Yerusalem

Pada riwayat lain, dijelaskan lebih spesifik bahwa Lailatul Qadar tiba pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadhan. Karenanya, banyak sekali spekulasi ulama mengenai kapan terjadinya malam Lailatul Qadar. 

Seperti dikutip oleh Yusuf al-Qaradlawi dalam Fiqhus Shiyam, Ibnu Hajar al-Asqalani sampai mengumpulkan 46 pendapat ulama tentang kapan tibanya malam Lailatul Qadar. 

Dengan bijak al-Qaradlawi berpendapat bahwa justru lebih baik malam lailatul qadar dirahasiakan. Agar kita semua tetap banyak beribadah di bulan Ramadhan dan lebih melipatgandakan kuantitas serta kualitasnya di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan seperti yang Nabi SAW. lakukan. (Lihat Fiqhus Shiyam hlm 32) 

Kesimpulannya, baik dalam Alquran maupun hadits Nabi, soal kapan malam Lailatul Qadar itu adalah misteri. Dalam hadits paling dinyatakan bahwa malam tersebut terjadi di 10 malam pengujung Ramadhan. Tepatnya di malam yang mana? Allah SWT dan Rasul-Nya lebih tahu. Kita hanya berusaha menggapainya dengan memperbanyak ibadah di 10 malam terakhir tersebut. Wallahu A'lam. 

Sumber: MUI

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement