Kamis 13 Apr 2023 14:00 WIB

Cegah Konsumtif Berlebihan, Warga Diajak Bijak Berbelanja

Konsumsi berlebihan akan menyuliskan orang lain belanja bahan pokok.

Ilustrasi warga berbelanja jelang Idul Fitri 2023.
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Ilustrasi warga berbelanja jelang Idul Fitri 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Jawa Timur, mengajak masyarakat untuk bijak dalam berbelanja mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023, sehingga turut serta menjaga inflasi yang biasanya naik saat Ramadhan dan menjelang Lebaran.

"Saya ajak bapak ibu di sini untuk bijak dalam berbelanja. Nanti kalau belanja berlebihan harga-harga di pasar pasti akan naik," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat meninjau Operasi Pasar Murni Ramadhan 2023 di Kelurahan Setonopande, Kota Kediri, Rabu (13/4/2023).

Baca Juga

Wali Kota mengatakan Pemkot Kediri sengaja menggelar OPM untuk menjaga harga-harga tetap stabil. Tren yang terjadi pada saat Ramadhan dan menjelang Lebaran, harga-harga naik sehingga dengan operasi pasar diharapkan harga tetap stabil dan inflasi di Kota Kediri tetap terkendali.

"Kami adakan ini untuk menjaga harga. Kami tidak mau harga-harga melambung tinggi. Silahkan berbelanja sesuai kebutuhan pada operasi pasar ini," kata dia.

 

Pada operasi pasar ada beberapa komoditas yang dijual dengan harga yang terjangkau. Harga komoditas yang dijual satu bungkus beras premium ukuran 5 kilogram dijual Rp 56.000, minyak goreng Rp 13.500 per liter, telur ayam Rp 23.000 per kilogram, dan gula pasir Rp 10.500 per kilogram.

Operasi pasar Ramadhan ini digelar setiap hari mulai 3 hingga 12 April 2023. Ada 21 titik kelurahan dimana setiap harinya terlaksana serentak di tiga kelurahan. Setiap titik operasi pasar disediakan stok 160 bungkus beras, 400 kg gula, telur 200 kg, dan minyak goreng 336 liter.

Sementara ituTyas, warga Kelurahan Setonopande, Kota Kediri mengaku terbantu dengan adanya operasi pasar. Ia bisa membeli berbagai komoditas yang tersedia seperti beras, telur, gula, dan minyak yang jauh lebih murah dibandingkan di pasar.

"Mumpung harganya murah saya beli kebutuhan saya di sini. Alhamdulillah harganya murah. Semoga sering-sering ada operasi pasar seperti ini," kata dia.

Turut mendampingi Wali Kota Kediri yakni Kepala Bagian Perekonomian Kota Kediri Tetuko Erwin, Camat Kota Arief Cholisudin, Lurah Setonopande Huda, perwakilan dari Disperdagin Kota Kediri, dan tamu undangan lainnya.

Warga juga sangat antusias program ini. Dalam waktu sekejap, berbagai komoditas yang dijual ludes dibeli warga.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement