Selasa 11 Apr 2023 22:03 WIB

MES & ICMI Jalin Sinergi, Hadirkan Program Khazanah Fest untuk Gerakkan Ekonomi Umat

Sinergi MES & ICMI dituangkan dalam MOU Erick Thohir dan Arif Satria.

Ketua umum ICMI Arif Satria bersama Ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir usai melakukan Penandatanganan Kerjasama di Masjid At Thohir, Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (11/04/2023). ICMI bersama MES secara resmi meluncurkan platform digital Amalbox, Yakni sebuah platform  yang memungkinkan masyarakat Indonesia beramal termasuk untuk memberikan bantuan kemanusian.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua umum ICMI Arif Satria bersama Ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir usai melakukan Penandatanganan Kerjasama di Masjid At Thohir, Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (11/04/2023). ICMI bersama MES secara resmi meluncurkan platform digital Amalbox, Yakni sebuah platform yang memungkinkan masyarakat Indonesia beramal termasuk untuk memberikan bantuan kemanusian.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bersinergi untuk menggerakkan perekonomian umat dan memajukan peradaban, melalui program Khazanah Fest di Tanah Air.

Sinergi MES & ICMI dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang ditanda tangani oleh Ketua Umum MES Erick Thohir dan Ketua Umum ICMI Arif Satria, 20 Ramadan 1444 H atau Selasa petang (11/4/2023).

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir mengatakan sinergi MES dan ICMI ini menjadi langkah strategis untuk mendorong dan memajukan ekonomi umat, yang diwujudkan dalam program Khazanah Fest yang rencananya diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air. 

“Program ini tentunya diharapkan mendukung langkah bersama kita untuk mendukung upaya pemerintah menjaga momentum penguatan pertumbuhan ekonomi nasional dan mendorong penguatan ekonomi kerakyatan. Kolaborasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pengusaha anggota MES dan ICMI ini harapannya mendapat dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat luas,” ujar Erick.

Senada, Arif Satria menegaskan bahwa selaras dengan misi ICMI, pihaknya meyakini program Khazanah Fest sebagai hasil kolaborasi dengan MES akan mampu menggerakkan perekonomian umat dan membawa kemajuan peradaban di berbagai daerah.

“Peran ICMI sebagai salah satu poros perubahan, senantiasa bertekad menjadi bagian dari solusi salah satunya melalui agenda ekonomi. Kami akan terus berinovasi dan menggerakkan perekonomian umat,” ungkapnya.

Khazanah Fest pertama digelar di Masjid At Thohir, Tapos, Depok, selama sekitar 6 hari dan berakhir pada 15 April 2023 mendatang. Kegiatan ini menghadirkan puluhan stand produk UKM dan setidaknya dihadiri sekitar 61.000 pengunjung.

Selain melakukan penandatanganan MoU, dalam kesempatan tersebut MES dan ICMI secara resmi juga meluncurkan platform digital Amalbox. AmalBox merupakan platform online sesuai syariat Islam yang memudahkan masyarakat untuk beramal melalui berbagai pilihan program yang terseleksi. Platform ini juga menggalang amal untuk mewujudkan inisiatif dan project sosial dalam ekosistem Islam.

Menurut Arif, Amalbox merupakan upaya ICMI dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk ambil bagian dalam berbagai program kemanusiaan. Dalam platform Amalbox sebagai terobosan inovasi ICMI juga menyuguhkan berbagai program amal.

“Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan MES di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir dalam membangun transformasi bangsa Indonesia menjadi negara maju, menjadi negara baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur,” tutup Arif.

Seusai peluncuran platform Amalbox, Arif Satria dan Erick Thohir beserta pengurus dan anggota ICMI mengikuti buka bersama dengan para jamaah Masjid At Thohir.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement