Ahad 09 Apr 2023 20:30 WIB

Masjid At-Thohir, Legasi Keluarga Thohir, Kearifan, dan Toleransi, di Los Angeles

Masjid at-Thohir yang dahulu adalah gereja itu menjadi kebanggaan warga setempat.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Masjid at Thohir di Los Angeles
Foto: Youtube
Masjid at Thohir di Los Angeles

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Warga Los Angeles Amerika Serikat takjub dengan Masjid at-Thohir di Los Angeles Amerika Serikat. Masjid yang dibeli keluarga Thohir yang didedikasikan untuk umat Islam di sana itu menjadi kebanggaan warga Los Angeles.

Melalui Tiktok, tampak seorang pemuda memvideokan aktivitas di masjid yang diresmikan Duta Besar RI Rosan P Roeslani pada 2022 tersebut. Dia masuk ke dalam masjid, memvideokan suasana toilet yang higienis. 

Baca Juga

Kemudian tampak bagian dalam masjid serta mihram dengan karpet berwarna biru yang menampakkan suasana nyaman dan elegan. Masjid yang sebelumnya adalah gereja tersebut kini menjadi tempat Muslim di sana beraktivitas.

Di bagian halaman masjid terdapat tenda-tenda kecil tempat Muslim di sana berkumpul dan menikmati sajian berbuka puasa. Di sana pula mereka bersama warga sekitar menampakkan keakraban.

Masjid ini memiliki bangunan yang sangat megah dengan lahan seluas 1200 m2, masjid ini mampu menampung jamaah hingga 250 orang.

Masjid ini dilengkapi dengan kamera CCTV, serta ada area tempat belajar mengajar dengan fasilitas modern yang berada di lantai dua masjid. Ruang kelas ini biasanya diisi oleh anak-anak komunitas Muslim Los Angeles setiap akhir pekan. Ada beberapa ruang kelas untuk anak-anak usia 7 tahun ke atas dan ada juga kelas untuk anak-anak remaja.

Masjid At-Thohir juga memiliki fasilitas guest house atau penginapan untuk para tamu atau ustadz dari Indonesia dan bisa menginap masjid. Selain  itu, masjid juga memiliki fasilitas lain seperti ruang serbaguna yang bisa disewakan untuk acara olahraga, pernikahan, ataupun lainnya

Dikutip dari akun tiktok, @omz.24 pada area pintu masuk masjid juga disediakan area khusus bagi disabilitas. Sehingga memudahkan mereka untuk masuk dan beribadah di dalam masjid At -Thohir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement