Ahad 09 Apr 2023 16:49 WIB

Masjid Baiturrahman Agam Adakan MTQ untuk Lansia

Lansia diikutkan MTQ untuk Lansia.

Masjid Baiturrahman Agam Adakan MTQ untuk Lansia. Foto:   MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Masjid Baiturrahman Agam Adakan MTQ untuk Lansia. Foto: MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM -- Masjid Baiturrahman Simpang IV Mato Aia, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat lanjut usia dan Musabaqah Syahril Quran (MSQ) tingkat dewasa untuk menyemarakkan bulan Ramadhan 1444 Hijriah.Ketua Panitia Ash Habul Yamin Syaf di Lubukbasung, Ahad, mengatakan MTQ tingkat lanjut usia diikuti sebanyak 15 peserta dan MSQtingkat dewasa diikuti sebanyak 10 peserta.

"Kegiatan berlangsung selama dua hari pada 9-10 April 2023 dengan total peserta 25 orang," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan kegiatan ini dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1444 Hijrah dan kegiatan tersebut terlaksana berkat dukungan semua pihak."Ke depan, kegiatan ini bakal dijadikan agenda rutin setiap Ramadhan," katanya.

Sekretaris Daerah Agam Edi Busti mengatakan MTQ bukan sekadar lomba untuk mencari juara atau qori dan qoriah terbaik, tetapi juga sebagai upaya menggali nilai luhur yang terkandung dalam Al Quran agar menjadi pedoman hidup dan tempat penyebaran agama Islam. Menurut dia, sebagai umat Islam sudah selayaknya menyertakan ayat suci dalam kehidupan sehari-hari, dengan cara memahami esensi Al Quran, salah satunya melalui MTQ.

"MTQ ini bisa meningkatkan kualitas hidup berbasiskan nilai luhur yang terkandung dalam Al Quran," katanya.

Selain mampu menjawab kebutuhan umat, kata dia, di dalam MTQ juga ada seni membaca dan tajwidnya. Inilah esensi dilaksanakannya MTQ."Saya berharap MTQ ini bisa menjadi tempat mendidik generasi muda dalam membentuk moralitas yang bagus dan mengajarkan disiplin melalui pendidikan agama sumbernya melalui Al Quran," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement