Ahad 09 Apr 2023 03:50 WIB

Gubernur Riau Serahkan Paket Bantuan untuk 200 Da'i

Riau meluncurkan program Kado Da'i Riau (Kadir) di Masjid Raya Annur.

Gubernur Riau Syamsuar (kedua kiri) belum lama ini meluncurkan program kado da'i Riau.
Foto: Antara/FB Anggoro
Gubernur Riau Syamsuar (kedua kiri) belum lama ini meluncurkan program kado da'i Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Gubernur Riau Syamsuar secara simbolis menyerahkan paket Kado Dai Riau (Kadir) untuk 200 pendakwah senilai Rp200 juta berasal dari zakat dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau tahun 2023.

"Bantuan paket untuk dai di Riau sebagai ucapan terima kasih karena dai adalah profesi mulia yang bertugas mengajak, mendorong orang lain untuk mengikuti, dan mengamalkan ajaran Islam," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu (9/4/2023).

Baca Juga

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, peran dai cukup penting dalam mengajak diri dan orang lain untuk semakin dekat kepada Allah AzzaWa Jalla.

Sebab kata Syamsuar, dakwah adalah tugas utama para Nabi dan Rasul maka aktivis dakwah bisa disebut sebagai pelanjut estafet perjuangan para Nabi dan Rasul.

 

"Dalam berdakwah selain menguasai Bahasa Arab maka dai juga harus menguasai keilmuan lain misal fiqh, tauhid, akhlaq, dan lain-lain," katanya.

Syamsuar menambahkan, bahwa secara langsung meluncurkan program Kado Da'i Riau (Kadir) di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, Jumat (07/04/2023).

Peluncuran program dari Baznas Provinsi Riau ini selain membantu dai juga bertujuan menghapus kemiskinan ekstrem, sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam gerakan penyaluran zakat, wakaf, dan mengembangkan ekonomi syariah.

"Dalam upaya pengembangan ekonomi syariah, zakat yang kita gerakan, wakaf, gerakan ekonomi syariah, sekaligus mendorong produk-produk UMKM bersertifikat halal. Mendukung program Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) untuk mempromosikan produk-produk UMKM atau bazar Ramadan itu," katanya.

Selain itu ia menyebutkan, tahun 2023 Pemprov Riau berhasil menghimpun zakat ASN Rp6 miliar. Zakat tersebut didistribusikan kepada 1.000 kaum duafa ke setiap daerah sebesar Rp500 juta/keluarga miskin.

"Alhamdulillah tahun 2023 melalui zakat tersebut kita bisa membantu fakir miskin sebanyak Rp6 miliar untuk 1000 kaum duafa masing-masing menerima Rp500.000," katanya.

Ketua Baznas Provinsi Riau Masriadi menyebutkan ada beberapa program unggulan baznas untuk masyarakat seperti program bantuan Riau makmur, Riau Cerdas, Riau Taqwa atau Dakwah, dan Riau Peduli.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement