Momen Ramadhan, Waktunya Mendekatkan Diri dengan Alquran

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 08 Apr 2023 19:30 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR SERI BEGAWAN -- Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Di bulan ini ada satu malam yang lebih mulia dari 1000 malam, yaitu malam Lailatul Qadr.

Sultan dan Yang Di-Pertuan dari Brunei Darussalam, Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar 'Ali Saifuddien Sa'adul Khairi Waddien, menyerukan umat Islam untuk lebih dekat dengan Alquran.

Baca Juga

Di tengah era teknologi tinggi saat ini, ia menyebut tidak ada alasan untuk menunda untuk berkenalan dan berdekatan dengan Alquran. Titah ini ia sampaikan pada Perayaan Nuzul Alquran Tingkat Nasional 1444 H di Plenary Hall International Convention Center, Berakas, Jumat (7/4/2023) kemarin.

Dilansir di Borneo Bulletin, Sabtu (8/4/2023), ia mengajak semua Muslim di bulan suci Ramadhan ini agar bertekad mengenal Alquran. Tujuannya adalah agar bangsa dan umat selalu diilhami oleh pancaran kitab suci tersebut.

Di sisi lain, para imam Brunei dalam khutbah Jumat juga mengajak umat ​​Islam agar menjadikan membaca Alquran sebagai kebiasaan sehari-hari. Tidak hanya membaca, tetapi juga mengambil pelajaran dari ajaran-ajaran di dalamnya.

"Pembacaan kitab suci harus dalam tarteel (urutan yang benar) dan fasih (kefasihan)," kata para imam.

Para imam juga mencatat ada beberapa metode pengajian kelompok yang umum dilakukan di masyarakat. Termasuk di antaranya membagi Juzuk (bab) atau ayat-ayat, untuk dibaca di antara pertemuan keluarga atau teman.

Namun, para imam mengatakan Khatam Alquran hanya dapat dicapai jika semua anggota kelompok menyelesaikan bacaan 30 juz Alquran. Setiap anggota kelompok harus mendengarkan orang lain menyelesaikan bacaan tersebut.

Sementara itu, metode lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan tadarus, yang dilakukan secara bergiliran dan saling mendengarkan pengajian Alquran. Anggota kelompok akan membantu anggota lainnya memperbaiki kesalahan dalam bacaan.  

Sumber:

https://borneobulletin.com.bn/get-better-acquainted-with-al-quran-his-majesty/

Terpopuler