Rabu 05 Apr 2023 11:17 WIB

MTQ Unhas 2023 Hadirkan Lomba Ceramah Bahasa Bugis Makassar

MTQ Unhas dimaksimalkan untuk menguatkan kearifan lokal.

Ilustrasi MTQ.
Foto: Istimewa
Ilustrasi MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (Unhas) siap menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) 2023 Universitas Hasanuddindengan antara lain menghadirkan lomba ceramah Bahasa Bugis dan Makassar.

"Kegiatan yang akan berlangsung luring pada 10-12 April 2023 ini, selain menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran, juga ceramah versi Bugis atau Makassar," kata Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir UnhasAbdullah Sanusi di Makassar, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan kegiatan yang terpusat di Lantai Dasar Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin, Tamalanrea mengusung tema 'MTQM 2023 Unhas sebagai penguat ukhuwah Islamiyah dalam membentuk generasi Qur'ani Unhas menuju Indonesia Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur'.

Menurut dia, selain untuk menyemarakkan Ramadan 1444 H, kegiatan ini juga sebagai persiapan menuju MTQM Nasional Tahun 2023.

"Gelaran ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan minat bakat mahasiswa bidang Alquran," katanya.

MTQM ini membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa Unhas aktif untuk 15 bidang kompetisi dan dua perlombaan tambahan.

Tahun ini Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas menghadirkan cabang lomba baru, yaitu Lomba Ceramah Bahasa Daerah (LCBD). Kegiatan itu berupa lomba ceramah berbahasa daerah Bugis dan Makassar dengan menggunakan kaidah kaidah ceramah Islam dengan arti dan penafsiran Alquran dan Hadis dalam Bahasa Bugis dan Makassar.

"Lomba tambahan ini untuk meramaikan Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M sekaligus sebagai wadah melestarikan budaya Islam berbasis bahasa daerah," kata Abdullah.

Kabag Humas UnhasAhmad Bahar menambahkan MTQM merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Bidang Kemahasiswaan Unhas setiap Bulan Ramadan.

Bentuk apresiasi yang diberikan kepada pemenang lomba berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan yang bernilai jutaan rupiah, sedangkan peserta terbaik yang dianggap layak akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQNM tahun 2023 melalui pembinaan dan coaching intensif.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement