Selasa 04 Apr 2023 12:10 WIB

Wujud Fastabiqul Khairat, Usbat Sumut Gelar Lomba Shalawatan di Desa Padang Tualang

Meski cuaca mendung menyelimuti, itu tak menyurutkan semangat warga.

Kegiatan di tengah Ramadhan bisa diisi dengan ragam hal(Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Kegiatan di tengah Ramadhan bisa diisi dengan ragam hal(Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUMUT - Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatra Utara (Sumut) mengajak masyarakat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan khususnya pada Ramadan kali ini. Guna mewujudkan misi fastabiqul khairat tersebut, para sukarelawan kemudian menggelar Pentas Seni Ramadan berupa lomba shalawatan. 

Perhelatan itu berlangsung di Dusun Payah Rengas, Desa Padang Tualang, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara (Sumut). 

Baca Juga

Meski cuaca mendung menyelimuti, itu tak menyurutkan semangat warga setempat. Saat tim kesayangan mereka maju, para peserta terdengar bersorak ria sambil bertepuk tangan memberi dukungan. 

Koordinator Wilayah (Korwil) Usbat Sumut Syabrun Jukhoir mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari berlomba-lomba dalam kebaikan berkah Ramadan. 

"Alhamdulillah ada beberapa hal dalam kegiatan bulan Ramadan ini fastabiqul khairat, yaitu berlomba-lomba dalam kebaikan pada bulan Ramadan ini merupakan lomba meningkatkan takwa kepada Allah. Salah satunya adalah pentas seni Ramadan berupa selawatan tadi," ujar Syabrun dilansir pada Selasa (4/4/2023). 

Syabrun menjelaskan /, acara itu menjadi gambaran untuk mempererat silaturami pada masyarakat melalui kegiatan bernuansa keislaman. 

Selain itu, juga dapat memeriahkan Ramadhan di Desa Padang Tualang lewat acara kompetisi yang sesuai dengan syariat-syariat ajaran islam. 

"Harapan dibuatnya kegiatan ini untuk melahirkan generasi yang memiliki seni budaya sesuai corak ragam budaya Indonesia, budaya islam itu sendiri," kata Syabrun. 

Sementara itu, Ketua Panitia Acara Pentas Seni Nurhayati Lubis mengungkapkan bahwa masyarakat menyambut baik giat yang digelar para sukarelawan. 

"Insya Allah segitu meriahnya masyarakat Desa Padang Tualang menyambut acara religi yang dibuat Usbat Sumut ini. Senang sekali (kami), " ucap Nurhayati. 

Masyarakat sangat gembira karena selama Ramadan baru kali ini ada kegiatan berupa perlombaan bidang keagamaan yang dilaksanakan di Desa Padang Tualang. 

"Alhamdulillah hari ke-12 puasa Ramadhan ini ada kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan menjadi motivasi untuk masyarakat Desa Padang Tualang," lanjut Nurhayati. 

Di daerah Sumut, Usbat beberapa kali telah menjalin kedekatan dengan sejumlah Majelis Taklim. Belum lama ini, mereka memberikan pengeras suara untuk Majelis Taklim Al-Ikhlas di Desa Firdaus, Kecamatan Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Bantuan pengeras suara itu diperuntukkan untuk kemaslahatan umat bersama di desa tersebut. Tidak hanya untuk aktivitas majelis, juga bisa digunakan untuk acara-acara umum warga sekitar. 

"Untuk taklim, atau untuk sejenis hajatan dari masyarakat yang ada di sini. Memang salah satu tujuan Usbat Sumut ini kan juga untuk mengerti akan kebutuhan masyarakat yang ada di sini," ujar Koordinator Daerah Usbat Kabupaten Serdang Bedagai, Bima Wardani Damanik, seperti dilansir dari Antara

Bima menjelaskan, sebelum memberikan bantuan tersebut, para relawan telah berkunjung dan melakukan survei terkait kendala dan kebutuhan majelis taklim di sana. Sehingga para relawan mengetahui akan kebutuhan pengeras suara tersebut. 

"Majelis Taklim ini memang memiliki pengeras suara, tetapi  rusak. Karena keterbatasan dari biaya itu (tidak mampu beli yang baru), maka Usbat Ganjar menawarkan solusi dengan memberikan pengeras suara baru dengan kualitas yang lebih baik," kata dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement