Senin 03 Apr 2023 06:15 WIB

JMM: Meningkatnya Kepercayaan Umat terhadap Polri Berkah Ramadhan

Ramadhan momentum Polri tingkatkan profesionalitasnya

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
[ilustrasi] Polisi. Ramadhan momentum Polri tingkatkan profesionalitasnya
Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
[ilustrasi] Polisi. Ramadhan momentum Polri tingkatkan profesionalitasnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tingkat kepercayaan terhadap lembaga polri berangsur meningkat setelah beberapa bulan yang lalu mengalami penurunan yang signifikan. 

Hal itu sesuai hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indikator politik pada periode Februari-Maret 2023. Kini, tingkat kepercayaan ke Polri meningkat dan berada di angka 70,8 persen. 

Baca Juga

Koordinator Jaringan Muslim Madani (JMM), Syukron Jamal, mengatakan naiknya kembali angka kepercayaan masyarakat terhadap lembaga kepolisian patut disyukuri dan dimbangi dengan kerja-kerja baik oleh seluruh anggota Polri. Terlebih pada moment Ramadhan seperti saat ini. 

“Tingkat kepercayaan tinggi terhadap Polri menuntut tanggung jawab yang tidak ringan. Ini yang semestinya ditunjukkan ketika menangani berbagai kasus besar maupun kecil. JMM berharap momentum Ramadhan juga menjadi komitmen sudah saatnya anggota Polri menanggalkan tabiat buruk yang membuat kecewa masyarakat,”kata Syukron Jamal, dalam keterangannya, Senin (3/4/2023).  

“Saya pikir ini patut diapresiasi, dipertahankan dan selalu dijaga seluruh elemen polri. Semoga momentum Ramadhan juga memberikan rahmat dan berkah tersediri bagi tubuh Polri, sehingga polri kedepan lebih baik lagi,” tambahnya. 

Dikatakan Syukron, JMM berharap selama Ramadhan pemberitaan tentang prilaku negatif oknum anggota Polri nyaris tak terdengar di media sosial atau media masa. 

“Kalau kami lihat di media sosial, berita negatif dan segala hal yang membuat citra buruk di tubuh Polri hampir tidak terdengar. Semoga ini menjadi awal yang baik setelah beberapa bulan yang lalu hampir tiap hari kita selalu mendengar kabar tidak baik yang melibatkan oknum di tubuh polri,” ungkap mantan Presiden Mahasiswa UIN Jakarta tersebut. 

Indikator Politik memaparkan data tren kepercayaan terhadap lembaga Polri. Data yang dipaparkan sejak April 2014 hingga Februari 2023, hasilnya Polri mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya. 

"Tingkat kepercayaan terhadap Lembaga secara umum relatif stabil atau meningkat," bunyi hasil survei yang dirilis, Ahad (26/3/2023).   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement