6 Hadits tentang Bulan Suci Ramadhan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 04 Apr 2023 04:15 WIB

Dekorasi bangunan bertema The Gracious Ramadhan didirikan di area Mall Senayan City, Jakarta, Rabu (29/3/2023). Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Senayan City menghadirkan dekorasi setinggi 16,5 meter yang bertema The Gracious Ramadhan. Dekorasi tersebut terinspirasi dari gaya arsitektur di Timur Tengah. Pengunjung dapat menikmati suasana baru Mall Senayan City dengan nuansa Ramadhan mulai 25 Maret hingga 7 Mei 2023 mendatang. 6 Hadits tentang Bulan Suci Ramadhan Foto: Republika/Thoudy Badai Dekorasi bangunan bertema The Gracious Ramadhan didirikan di area Mall Senayan City, Jakarta, Rabu (29/3/2023). Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Senayan City menghadirkan dekorasi setinggi 16,5 meter yang bertema The Gracious Ramadhan. Dekorasi tersebut terinspirasi dari gaya arsitektur di Timur Tengah. Pengunjung dapat menikmati suasana baru Mall Senayan City dengan nuansa Ramadhan mulai 25 Maret hingga 7 Mei 2023 mendatang. 6 Hadits tentang Bulan Suci Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan yang penuh berkah adalah waktu bagi para Muslim untuk memaksimalkan ibadah. Membaca hadits Nabi tentang Ramadhan dan berkahnya akan membuat kita lebih bersemangat untuk menikmati bulan suci Ramadhan.

Berikut hadits-hadits yang berhubungan dengan Ramadhan, dilansir About Islam:

Baca Juga

6 Hadits tentang Bulan Suci Ramadhan

1. Suasana yang baik

Abu Hurairah melaporkan Nabi Muhammad saw bersabda, “Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu,” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Imbalan tak Tertandingi

Abu Ayub melaporkan Nabi bersabda, “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dan kemudian mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, seolah-olah dia berpuasa selamanya.,” (HR Muslim).

3. Pelatihan moral dan disiplin diri

Dalam hal ini, Abu Hurairah melaporkan Rasulullah bersabda, “Puasa adalah perisai. Jadi, ketika salah satu dari Anda berpuasa, dia seharusnya tidak menuruti kata-kata yang tidak senonoh dan tidak harus meninggikan suaranya dalam kemarahan. Jika seseorang menyerangnya atau menghinanya, izinkan dia berkata ‘Saya sedang berpuasa,” (HR Muslim).

4. Kesempatan untuk pengampunan

Abu Hurairah melaporkan Nabi pernah berkata, “Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR Bukhari).

5. Perlindungan dari api neraka

Abu Sa'id al-Khudri melaporkan Nabi bersabda, “Siapa pun yang berpuasa satu hari demi Allah, Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka selama 70 tahun,” (HR Bukhari dan Muslim).

6. Perbuatan lebih baik daripada ucapan

Salah seorang istri Rasulullah, Aisyah melaporkan yang diriwayatkan oleh Muslim. “Rasulullah biasa bekerja lebih keras dalam ibadah selama Ramadhan daripada yang dia lakukan di waktu lain sepanjang tahun dan dia akan mengabdikan dirinya lebih banyak (dalam menyembah Allah) di sepuluh malam terakhir Ramadhan daripada yang dia lakukan di awal bulan.” 

Terpopuler