Selasa 28 Mar 2023 23:33 WIB

Kukang Ditemukan Lemas di Kuningan, Diduga Tersengat Listrik

Kukang tersebut dilaporkan sempat mondar-mandir di atas kabel listrik PLN.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kukang.
Foto: dok Humas TNGC
(ILUSTRASI) Kukang.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Seekor kukang dilaporkan mondar-mandir di atas kabel listrik PLN di ruas Jalan Raya Jalaksana, Dusun 1 Desa Jalaksana, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (27/3/2023) malam. Hewan primata tersebut dievakuasi warga setelah tergeletak dalam kondisi lemas.

Menurut Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti, keberadaan kukang itu pertama kali diketahui seorang tukang ojek yang mangkal di sekitar lampu lalu lintas Jalan Raya Jalaksana.

Warga tersebut melihat seekor kukang mondar-mandir di atas kabel PLN. Karena takut tersengat listrik, warga tidak berani mengevakuasi hewan tersebut.

Keberadaan kukang tersebut lantas dilaporkan ke Kantor UPT Damkar Kabupaten Kuningan. Sejumlah petugas damkar langsung berangkat ke lokasi.

Setibanya petugas di lokasi, ternyata kukang itu sudah diamankan oleh warga. Diduga hewan tersebut tersengat listrik dan jatuh. Dilaporkan sempat terjadi padam listrik, meski hanya beberapa detik. “Hewan tersebut sudah tergeletak di bawah dalam keadaan lemas,” ujar Khadafi, Selasa (28/3/2023).

Kukang tersebut kemudian diserahkan kepada petugas damkar untuk dikarantina. Hewan tersebut rencananya dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya jika sudah pulih.

Khadafi mengatakan, kukang merupakan primata yang dilindungi. Ia mengimbau warga untuk melapor kepada petugas jika menemukan kukang di area permukiman.

“Jika menemukan kukang, jangan dibunuh. Bila terdapat di area permukiman, segera laporkan ke dinas terkait atau ke kantor pemadam kebakaran terdekat,” kata Khadafi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement