Rabu 29 Mar 2023 00:01 WIB

2.093 Calon Mahasiswa Baru Diterima ITB dari Jalur SNBP 2023

Terdapat 222 orang calon mahasiswa yang merupakan calon penerima KIP-K.

Suasana kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Suasana kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 2.093 calon mahasiswa baru program sarjana dinyatakan diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB), melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Dr Naomi Haswanto MSn menuturkan, pengumuman pengakuan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id. "Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBP 2023 tersebut sudah mewakili calon mahasiswa yang berasal dari 24 provinsi di Indonesia," kata dia, Selasa (28/3/2023).

Di antara 2.093 orang calon mahasiswa yang diterima di ITB tersebut, terdapat 222 orang calon mahasiswa yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Kampus ITB Cirebon menerima 49 asal Cirebon dan sekitarnya dari 202 total mahasiswa baru kampus ITB Cirebon yang diterima melalui SNBP 2023, atau sekitar 24,3 persen.

Hal ini sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sekitarnya.

Dari 2.093 orang calon mahasiswa yang diterima melalui SNBP 2023, perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima ITB adalah sebesar 40:60. Sedangkan pendistribusian penerimaan berdasarkan pilihan fakultas/sekolah adalah sebagai berikut:

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Matematika, menerima 93 orang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Ilmu Pengetahuan Alam, menerima 167 orang. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Sains, menerima 74 orang. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Rekayasa, menerima 172. Sekolah Farmasi (SF), menerima 67 orang.

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Kampus Ganesa Kota Bandung menerima 166 orang. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) - Kampus Cirebon, menerima 30 orang. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) - Kampus Ganesa, Kota Bandung, menerima 126 orang. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) - Kampus Cirebon, menerima 95 orang.

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Komputasi, menerima 33 orang. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Rekayasa, menerima 102 orang. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Ganesa, menerima 140 orang. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Jatinangor, menerima 60 orang. Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Ganesa, Kota Bandung, menerima 132 orang. Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Jatinangor, menerima 60 orang. Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Cirebon, menerima 31 orang. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), menerima 123 orang. Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) - Kampus Ganesa, Kota Bandung, menerima 81 orang.

Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) - Kampus Cirebon, menerima 31 orang. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Kampus Ganesa, menerima 111 orang. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Kampus Cirebon, menerima 15 orang. Sekolah Bisnis dan Manajemen, menerima 84 orang. Beberapa Fakultas/Sekolah yang diminati oleh para siswa antara lain adalah STEI-Komputasi, FTTM, SBM, FTI, FSRD dan SF. Total pendaftar SNBP ke ITB tahun 2023 adalah 15.451 siswa. Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNBP 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 14 April 2023 secara berani.

STEI-Komputasi, FTTM, SBM, FTI, FSRD dan SF. Total pendaftar SNBP ke ITB tahun 2023 adalah 15.451 siswa.

SNBP 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 14 April 2023 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

Calon mahasiswa lulusan SNBP 2023 ITB diharapkan untuk memperhatikan secara seksama, informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut. Informasi penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah mulai tahun ajaran 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Pertama Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor. Seluruh kegiatan akademik tahun pertama akan dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor.

Bagi para siswa yang telah melakukan pendaftaran ulang dan akan mempersiapkan tempat tinggal maka diminta selalu mengikuti berita melalui laman https://admission.itb.ac.id atau https://www.itb.ac.id dan Instagram @akademikitb atau @itb1920 .

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement